Hujan Deras, Sungai di Pasaman Barat Meluap Genangi Jalan dan Huntara Dibawa Arus

HARIANHALUAN.ID – Hujan deras yang melanda Kabupaten Pasaman Barat pada Rabu (22/9/2022) siang hingga sore, membuat beberapa titik wilayah terdampak banjir. Seperti daerah Kajai, Batang Saman hingga Ranah Batahan.

Menurut Kepala markas PMI Pasbar, Rida Warsa, di Kecamatan Talamau merupakan titik puncak perayaan HUT PMI ke-77. Namun, karena hujan menjelang siang hingga sore perayaan pun di tengah hujan.

“Sorenya air Batang Limpato meluap menyebabkan beberapa rumah warga di Kajai, terutama huntara hanyut dibawa arus luapan sungai itu,” katanya.

Sehingga relawan PMI dengan sejumlah TNI Polri turun ke lapangan untuk melihat kondisi masyarakat dan ikut membantu masyarakat melakukan evakuasi.

“Sampai Ketua PMI Pasbar, Bapak Risnawanto mengatakan bahwa HUT PMI dipusatkan di Talamau karena wilayah tersebut rentan terjadi banjir dan longsor,” ujarnya.

Ia berharap pada hari ini masyarakat harus waspada, karena cuaca masih mendung dan cenderung gerimis.

“Masyarakat harus tetap waspada karena cuaca nampaknya mulai hujan. Terutama bagi masyarakat yang berada di pinggir sungai, masyarakat yang melewati jalan Talu Simpang Empat, Batang Saman hingga Batang Batahan,”ujarnya. (*)

Exit mobile version