Dirawat Intensif, Kondisi Bayi Kembar Siam di RSUP Dr M Djamil Padang Sangat Kritis

M Djamil Padang

HARIANHALUAN.ID – Manajemen Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr M Djamil Padang mengungkapkan bahwa kondisi terkini bayi kembar siam dengan kondisi satu badan dua kepala ini tengah dirawat intensif di Instalasi Kebidanan dan Anak.

“Bayi siam asal Padang Pariaman kondisi sekarang sangat kritis dan kita rawat di Instalasi Kebidanan dan Anak,” ujar Direktur Utama RSUP Dr M Djamil Padang, Yusirwan kepada awak media saat jumpers, Jumat (23/9/2022).

Ia mengatakan, dengan kondisi bayi yang sangat kritis, pihaknya mengutamakan bagaimana keselamatan bayi. Kemudian pihaknya baru akan lakukan tindakan selanjutnya.

Untuk itu, katanya, kasus seperti ini memang langka dan tim dari dokter subspesialis telah dibentuk dan berjumlah 25 orang. Menurutnya, prinsip penanganan kembar siam ini dalam operasi pemisahan selama mungkin, dan sematang mungkin dipisahkan, semakin lama semakin baik itu prinsipnya.

“Catatan selama bayi itu sehat, jika tidak operasi akan dilakukan segera,” katanya.

Diketahui, RSUP Dr M Djamil Padang merawat intensif bayi kembar siam dengan satu badan dua kepala. Dokter penanggung jawab pasien Dr Eny Yantri mengatakan, terkait penanganan bayi kembar siam tersebut pihaknya akan membentuk tim.

“Kita libatkan dari berbagai disiplin ilmu. Semua yang akan terlibat dalam penanganan bayi kembar siam ini dalam satu tim,” ucapnya. (*)

Exit mobile version