Warning! Inflasi Kota Padang Lebih Tinggi dari Amerika Serikat, Nomor 3 di Indonesia

HARIANHALUAN.id – Kabar mengejutkan datang dari laju inflasi  nasional. Tiga kota di Indonesia yakni Sampit Kalimantan Tengah, Jayapura dan Kota Padang mencatat inflasi tertinggi di atas 8,5%, bahkan lebih tinggi dari Amerika Serikat yang hanya 8,3%.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju inflasi di Sampit, Kalimantan Tengah telah mencapai 8,85% (year-on-year/yoy) pada September 2022.

Kepala BPS Margo Yuwono mengungkapkan inflasi di Sampit merupakan yang tertinggi di Indonesia. Posisi kedua diikuti oleh Jayapura sebesar 8,62% dan Padang di posisi ketiga sebesar 8,54%.

Kalau dilihat penyebabnya di Sampit itu terjadi karena naiknya harga tarif air minum PAM,” kata Margo dalam konferensi pers, Senin (3/10/2022) dikutip dari CNBC Indonesia.

Adapun, andilnya terhadap inflasi air minum mencapai 1,81%, diikuti bensin dengan andil 1,18%, bahan bakar rumah tangga 0,67% dan rokok kretek filter yang andilnya 0,34%.

BPS mencatat inflasi secara nasional mencapai 5,95% (yoy). Tingginya laju inflasi ini dipicu oleh kenaikan harga BBM yang mengerek naik tarif transportasi.

Sebagai catatan, inflasi di Amerika Serikat (AS) pada bulan Agustus 2022 mencapai 8,3%. Dengan demikian, inflasi di Sampit, Jayapura dan Padang telah melampaui inflasi AS. (*)

Exit mobile version