RS Muhammadiyah ke-119 Diresmikan JK dan Kapolri

RS Muhammadiyah Bandung Selatan

HARIANHALUAN.ID – Wakil Presiden RI yang ke-10 dan ke-12 H.M. Jusuf Kalla dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir, Kamis (3/11/2022) meresmikan Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah yang ke-119 di Desa Ciheulang, Ciparay, Bandung Selatan.

Pembangunan RS tipe C dengan 55 tempat tidur, IGD dan ICU ini menelan biaya Rp60 miliar, seluruhnya merupakan sumbangan dari pengusaha nasional asal Minang H. Yendra Fahmi dan keluarga.

Hadir dalam acara presmian itu, antara lain Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wakil Ketua Umum MUI, Buya Dr. H. Anwar Abbas, mantan Kapolri Jenderal Pol. Purn. Badrodin Haiti, Senator asal Sumbar, Dr. Alirman Sori, Ketua PP Aisyiah Hj. Siti Noordjanah Djohantini, mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar, Bupati Bandung, H.M. Dadang Supriatna, Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafly Amar Dt. Rangkayo Basa, mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol. Suhardi Alius, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Direktur Eksekutif Minang Diaspora Network Global Burmalis Ilyas, sejumlah pejabat tinggi militer, Polri, sipil, anggota PP dan Ketua PW Muhammadiyah se-Jawa, serta ratusan tamu undangan lainnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dalam sambutannya menjelaskan bahwa RS yang diresmikan merupakan RS Muhammadiyah yang ke-119. “Insyaallah dalam waktu dekat akan genap 120 rumah sakit,” katanya.

RS Muhammadiyah Bandung Selatan (RSMBS) ini dibangun di atas tanah milik PP Muhammadiyah di Desa Ciheulang, Bandung Selatan. Cihaelang adalah desa kelahiran Haedar sendiri.

Biaya pembangunan RS ini sebesar Rp60 miliar merupakan sumbangan dari pengusaha dermawan H. Yendra Fahmi dan keluarga. Fahmi sendiri merupakan pengurus Majelis Ekonomi PP Muhammadiyah.

Kompleks RSMBS terdiri dari gedung utama yang diberi nama Gedung H. Nafli Munaf (Alm. ayahanda Yendra Fahmi) dan sebuah masjid yang diberi nama Nyi Ayu Rin Adjrijanti. (*)

Exit mobile version