Tingginya Angka Perceraian di Sumbar, LKAAM Sumbar Rancang Setiap Pernikahan Ada Mentor

LKAAM Sumbar

Ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar Datuak Nan Sati

HARIANHALUAN.ID – Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau  (LKAAM) Sumatra Barat (Sumbar), Fauzi Bahar mencanangkan setiap pernikahan adanya mentor. Hal ini dikemukakan setelah tingginya angka perceraian yang terjadi di setiap tahunnya di Sumbar. 

“Kita prihatin meningkatnya angka perceraian yang terjadi di Sumbar, bahkan setiap tahunnya terjadi peningkatan. Allah menghalalkan perceraian, namun membencinya,” ujarnya.

Fauzi Bahar mengatakan bahwa banyak faktor yang mengakibatkan terjadinya perceraian, di antaranya faktor ekonomi, gensi-gensian dan faktor sosial media, seperti WhatsApp yang cinta lama bersemi kembali dan lain sebagainya.

“Saya sangat prihatin karena ini salah satu bentuk makin menipisnya agama. Orang yang beriman tidak makan saja suami istri tetap setia, namun karena keimanan dan akidahnya berkurang, sehingga terjadi perceraian ini,” katanya.

Menurutnya, akibat dari perceraian ini berujung banyaknya anak yatim dan disinilah berawalnya lahirnya bajingan dan para pelaku kejahatan, seperti narkoba dan kejahatan lainnya.

Untuk itu, katanya, LKAAM Sumbar menyarankan pemerintah setiap adanya pernikahan harus ada mentor yang ditunjuk oleh suami dan istri, agar untuk mereka berkonsultasi. Misal, terjadinya keluarga yang sedang bertengkar, sehingga tugas mentor untuk menyatukan.

Dengan adanya mentor, perceraian ini boleh saja terjadi di pengadilan agama dan boleh dilayani, baik itu gugatan laki-laki atau perempuan. Gugatan ini boleh diterima asalkan disetujui oleh mentor, sehingga tidak sembarangan gugatan cerai.

“Terkait mentor ini baru kita rancang dan bekerja sama dengan Kemenag dan Pengadilan Agama. Kesepakatan bahwa tidak begitu gampang menerima perceraian ini,” ujarnya.

Fauzi Bahar menambahkan, dengan disetujuinya setiap pernikahan ada mentor dan hal ini bisa dijembatani pasti semuanya tidak berakhir dengan perceraian. (*)

Exit mobile version