Hadiri KTT G20 di Bali, Presiden Putin akan Datang ke Indonesia

Presiden Rusia Vladimir Putin berencana datang ke Bali, Indonesia. Ini dikatakan Duta Besar Rusia di Jakarta, Lyudmila Vorobieva.

HALUANNEWS – Meski situsi negaranya belum normal, karen sedang berperang dengan Ukraina, namun Presiden Rusia, Vladimir Putin bakal datang ke Indonesia.

Pemimpin 69 tahun itu akan hadir langsung di KTT G20, akhir 2022 ini di Bali. Sebelumnya, muncul desakan mengeluarkan Rusia dari kelompok itu akibat serangan ke Ukraina.

“Sejauh ini dia (Putin) mau datang ke KTT G20. Tapi tergantung pada situasi,” katanya dalam konferensi pers dilansir dari CNBCIndonesia, Rabu (23/3/2022).

Ia pun mengatakan Rusia mendukung presidensi Indonesia di G20. Lagi pula, tegasnya, Indonesia menjadi presiden G20 bukan untuk membahas Rusia-Ukraina melainkan masalah lainnya seperti ekonomi global.

“Seperti yang saya katakan, kami mendukung presidensi Indonesia di G20. G20 tidak ada hubungannya atau tidak membahas dengan situasi di Ukraina,” ujarnya.

Rusia sendiri telah menyerang Ukraina sejak 24 Februari. Ini membuat negara itu menjadi sasaran sanksi sejumlah negara.

Rusia telah dijauhkan dari sistem perbankan global dengan memutusnya dari SWIFT. AS dan sekutu juga telah melarang impor minyak dan gas negeri itu. (*)

Exit mobile version