Jelang Malam Pergantian Tahun, Kapolda Sumbar Tinjau Pospam Nataru Pantai Padang

HARIANHALUAN.ID – Jelang malam pergantian Tahun 2023, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono beserta rombongan Forkopimda meninjau posko pengamanan perayaan natal dan tahun baru (Nagari) 2023 di kawasan Pantai Padang, Danau Cimpago, Kota Padang, Sabtu (31/12/2022) malam.

Peninjauan pos pengamanan tersebut dilakukan guna memastikan kesiapan personel kepolisian dalam mengamankan perayaan malam pergantian tahun baru di kawasan pantai Padang, yang menjadi salah satu titik lokasi perayaan malam tahun baru di Kota Padang.

“Sekitar beberapa menit lagi masyarakat akan merayakan pergantian tahun. Untuk itu, melalui peninjauan ini saya selaku Kapolda dan sejumlah Forkopimda dari unsur TNI, Pemprov Sumbar menyatakan bahwa sejauh ini kondisi aman dan kondusif,” ujarnya kepada Haluan.

Kapolda menyebutkan, saat ini kepadatan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Kota Padang sudah mulai meningkat. Selain itu, di beberapa lokasi konsentrasi kerumunan masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun juga telah mulai terbentuk.

“Untuk itu, saya harapkan untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah kita, jaga keamanan dan keselamatan masing-masing, kelompok dan keluarga dan sebagainya agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan,” ucap Kapolda.

Ia menuturkan, guna menjamin kondusifitas, kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun di seluruh wilayah hukum Polda Sumbar, pihaknya menurunkan sebanyak 5.400 personel kepolisian.

Ribuan aparat kepolisian tersebut, kata Kapolda, ditempatkan di tiga jenis posko pengamanan yang telah didirikan di seluruh wilayah Hukum Polda Sumbar. Adapun tiga jenis pos tersebut, di antaranya adalah Posko Pengamanan (Pospam), Posko Pelayanan (Posyan) serta Posko Terpadu.

“Seluruh personel akan melakukan pengaman dan pelayanan secara serentak bagi masyarakat yang akan melakukan atau menikmati liburan akhir Tahun 2022 dan menyongsong pergantian Tahun 2023,” ucap Kapolda.

Dalam kegiatan peninjauan posko natal dan tahun baru di kawasan Pantai Padang Danau Cimpago saat itu, Kapolda Sumbar beserta rombongan Forkopimda juga turut menyerahkan paket bantuan logistik bagi personel pengamanan yang akan bersiaga menjaga kondusivitas perayaan malam tahun baru di kawasan tersebut. (*)

Exit mobile version