Usai Dilantik, Ini Pesan Khusus Wabup Yulian Efi dan Ketua DPRD Zigo Rolanda Kepada 35 PPK Pemilu se-Solok Selatan

Wabup Yulian Efi : PPK Agar Bersinergi Untuk Suksesnya Pemilu 2024

HARIANHALUAN.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar dapat bersinergi baik antara penyelenggara, pemerintah, dan Parpol agar Pemilu 2024 nantinya berjalan dengan sukses. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Solok Selatan H Yulian Efi dalam pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) PPK se-Kabupaten Solok Selatan di Hotel Pesona Alam Sangir, Rabu (04/01/2023).

Selain itu, pemerintah juga akan siap mendukung dan memfasilitasi segala kekurangan sehingga Pemilu dapat dilaksanakan dengan lancer dan aman.

Sementara Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan, Pemilu harus tersosialisasi dengan baik dan semua informasinya harus diketahui masyarakat.

“Harus ada kolaborasi antara penyelenggara, pemerintah maupun Parpol supaya Pemilu berjalan sukses dan partisipasi pemilih tinggi,” katanya di kesempatan yang sama.

Sebanyak 35 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada tujuh kecamatan dilantik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Solok Selatan, Nila Puspita.

PPK yang dilantik juga diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tujuan agar para anggota PPK mendapatkan edukasi agar lebih profesional dalam bekerja.

Nila Puspita dalam arahannya mengingatkan PPK untuk mempelajari serta mengikuti aturan yang berlaku dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu.

“Kalau ada PPK yang berjalan tidak sesuai dengan prosedur atau aturan yang berlaku Camat maupun masyarakat dipersilahkan untuk menegur atau laporkan ke KPU Kabupaten,’’ imbuhnya.

Dia berharap, Camat dapat menerima dan memberikan fasilitas terhadap PPK dalam menjalankan tugasnya dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

Terkait dengan petugas pemungutan suara, KPU saat ini dalam tahap perekrutan badan adhoc yaitu perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dimana sedang tahap seleksi administrasi dan 7 Januari 2023 dilaksanakan tes tertulis dengan sistem CAT. Sedangkan untuk tiga daerah di Lubuk Ulang Aling dilaksanakan tes tertulis karena keterbatasan teknologi informasi serta perhubungan yang sulit. (*)

Exit mobile version