HUT Ke-19, DPRD Apresiasi Pelaksanaan Solok Selatan Expo

Solok Selatan

Saat pertunjukan seni budaya oleh sanggar seni Solok Selatan pada perayaan Solok Selatan Expo di RTH Solok Selatan, beberapa hari lalu. IST

HARIANHALUAN.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) apresiasi pelaksanaan kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Solok Selatan yang ke-19.

Pasalnya, rangkaian kegiatan yang dihadirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan memiliki dampak baik bagi geliat ekonomi masyarakat, baik di bidang Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengatakan, tumbuhnya perekonomian masyarakat pada perayaan HUT Kabupaten Solok Selatan ke-19 tersebut juga berdampak baik bagi peningkatan kunjungan oleh wisatawan lokal dan luar daerah.

“Pelaksanaan kegiatan seperti Solok Selatan Expo yang digelar beberapa hari ini, menjadi daya tarik untuk mengunjungi Solok Selatan. Banyaknya kunjungan untuk menikmati gelaran Solok Selatan Expo, tentu akan menumbuhkan ekonomi masyarakat kita, baik itu dari IKM maupun UKM Solok Selatan,” ujarnya, Kamis (5/1/2023).

Zigo Rolanda melanjutkan, perhelatan Solok Selatan Expo diharapkan memang dapat memberikan efek nyata kepada masyarakat Solok Selatan, baik secara perekonomian dan bagi bidang lainnya. Selanjutnya Ketua DPRD Solok Selatan tersebut juga mengharapkan selama pelaksanaan kegiatan dalam rangka HUT Kabupaten Solok Selatan ke-19, agar tetap menjaga kebersihan lingkungan, karena padatnya kegiatan yang dilaksanakan tentunya berpotensi bagi lingkungan.

“Komunikasi selama kegiatan harus berjalan. Masalah lingkungan tidak hanya menjadi tugas DLH saja, namun semua pihak bertanggung jawab. Di usia Kabupaten Solok Selatan yang ke-19 ini semua pihak baik dari pemda selaku penyelenggara pemerintahan, masyarakat dan tokoh masyarakat memiliki peran. Mari kita melompat dan bekerja sama demi Solok Selatan, agar sama dan melebihi kabupaten/kota lainnya,” ujar Ketua DPRD Solok Selatan tersebut.

Lebih lanjut Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Perindagkop dan UKM) Solok Selatan, Akmal Hamdi juga menjelaskan, sesuai dengan Undang-undang Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Daerah Pemekaran Kabupaten Solok Selatan, Dharmasraya dan Pasaman Barat.

“Solok Selatan Expo kita hadirkan memang untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat dan juga memberikan dampak berkelanjutan bagi potensial Kabupaten Solok Selatan. Sehingga secara totalitas kita menghadirkan berbagai IKM dan UKM se-Kabupaten Solok Selatan,” katanya.

Sebanyak 40 UKM se-Kabupaten Solok Selatan dikurasi untuk mengisi Solok Selatan Expo. Kemudian berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, untuk mengisi pertunjukan seni budaya dari berbagai grup musik dan sanggar seni dan juga mengangkat potensial kopi melalui Festival Kopi Solok Selatan.

Sehingga melalui peningkatan potensial Solok Selatan, kegiatan Solok Selatan Expo diharapkan dapat mengangkat nama Kabupaten Solok Selatan dari berbagai bidang, khususnya perekonomian yang berdampak secara berkelanjutan. (*)

Exit mobile version