Banyaknya inovasi dari masakan rendang ini, meningkatkan minat para pelaku usaha baik UMKM, pelaku bisnis maupun perusahaan untuk mengembangkan usaha terkait masakan rendang khas Minangkabau ini.
Persaingan bisnis dalam era globalisasi ini sangat ketat, di mana setiap perusahaan dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen, serta berusaha untuk menciptakan suatu produk yang mempunyai keunggulan dan menciptakan produk yang berbeda dengan pesaing. Dengan demikian usaha pengembangan produk yang berbeda, dapat menjadi suatu strategi yang efektif bagi perusahaan dalam memberikan penawaran produk yang inovatif, sehingga tercapai suatu kepuasan masing-masing pihak, baik dari pembeli, karena membeli produk yang sesuai dengan kebutuhannya dan seleranya, maupun bagi pihak perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan produknya dan juga menjaga citra baik perusahaan di mata pelanggan.
Munculnya pasar bebas saat ini berdampak pada adanya persaingan yang sangat ketat terutama bagi para pelaku bisnis, sehingga berdampak pada adanya tuntutan bagi setiap menajemen perusahaan untuk lebih cermat dalam menentukan strategi pemasaran, agar dapat memenangkan persaingan yang dihadapi. Strategi pemasaran yang dimaksud harus mengarah pada terciptanya suatu kesetiaan yang tinggi dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan (Tjiptono, 2004).
Imperatif Inovasi, yaitu inovasi berkelanjutan yang merupakan suatu keharusan dalam perekonomian yang berubah dengan cepat, perusahaan yang sangat inovatif mampu mengidentifikasi dan mengukur peluang pasar baru dengan cepat. Perusahaan yang gagal mengembangakan produk baru menghadapi risiko rentannya terhadap perubahan kebutuhan dan selera pelanggan, teknologi baru, siklus hidup produk yang lebih pendek, serta persaingan domestik dan asing meningkat yang merupakan tantangan dalam pengembangan produk baru.
Faktor-faktor yang dapat mendukung keberhasilan pengembangan produk baru, yaitu produk yang unik dan superior, konsep produk yang didefinisikan dengan baik (menilai pasar sasaran, kebutuhan produk dan manfaat secara cermat), sinergi teknologi dan pemasaran, kualitas pelaksanaan di semua tahap, serta daya tarik pasar.
Rendang sebagai produk makanan pada saat ini sangat diminati dan dikenal oleh berbagai pihak, baik pelaku bisnis maupun para konsumen dapat dilihat dari berbagai macam produk rendang yang inovatif, namun bagi pelaku bisnis akan menjadi tantangan untuk mengembangkan bisnis mereka terkait rendang. Rendang tidak hanya terdapat di rumah makan saja, namun sudah merambah ke pasaran baik di supermaket ataupun di pusat oleh-oleh maupun tempat kuliner.