DK PWI Sumbar Komitmen Tegakkan Marwah Profesi, Wartawan Dibela Jika Berada di Jalur yang Benar

HARIANHALUAN.ID- Dewan Kehormatan (DK) PWI Sumbar berkomitmen menegakkan marwah profesi dan membela wartawan di Sumatera Barat, dengan catatan berada di jalur yang benar.

Ketua DK PWI Sumbar, Zul Effendi mengatakan, DK PWI memiliki tekad bisa mengayomi seluruh wartawan di Sumatera Barat. Hal ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab yang dimiliki yakninya menjaga kemerdekaan pers dan perilaku wartawan dalam menjalankan profesi.

“Kita fokus ke depan menegakkan marwah profesi, menjaga kemerdekaan pers. Yang kita bela itu tidak hanya anggota PWI, tapi juga wartawan-wartawan yang non anggota PWI, sepanjang itu berada dalam koridor kebaikan. Tapi, kalau wartawannya melakukan tindakan pidana tidak mungkin juga kita bela,” katanya saat silahturahmi pengurus PWI Sumbar periode 2022-2027 dengan Ketua DPRD Sumbar, Supardi, Selasa (24/1).

Ia menambahkan, dimanapun lembaga, instansi, atau  organisasi, yang bermasalah pastinya tetap ada, termasuk dalam profesi wartawan sendiri. Di sinilah tugas dewan kehormatan untuk bisa menjaga moralitas wartawan agar bisa bekerja profesional. Dalam kapasitas di organisasi yang menyangkut dengan anggota PWI, Dewan Kehormatan yang akan menjalankannya. Sementara untuk yang tidak tergabung sebagai anggota PWI, hal ini akan dimonitoring oleh ahli pers dewan pers yang sekarang ini diantaranya juga dipercayakan kepada Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar, Hendra Makmur, dan juga Ia sendiri.

Ia menambahkan, dewan kehormatan PWI Sumbar berkomitmen, bisa membawa kehadiran PWI memberikan manfaat bagi banyak pihak, bukan hanya untuk anggota PWI saja, namun juga wartawan yang tidak tergabung sebagai anggota PWI.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, mengatakan, DPRD siap mendukung kerja jurnalistik yang dijalankan oleh wartawan, salah satunya dalam bentuk transparan memberikan setiap informasi yang dibutuhkan. Agar sinergi bisa terjalin dengan baik,  ia berharap setiap wartawan hendaknya juga bisa bekerja secara profesional. (*)

Exit mobile version