Presiden Argentina Maria Digulingkan

ILUSTRASI

Padang, Maret (BBC/Haluan) – ANGKATAN bersenjata telah merebut kekuasaan di Argentina, dan Presiden Maria Estela Peron telah ditangkap.

Sebuah komunike yang ditandatangani oleh Panglima Angkatan Darat dan rekan-rekannya dari Pangkalan Udara dan Laut mengatakan, amanah itu diambil untuk menyelamatkan Argentina dari kekacauan dan untuk memulihkan kembali tertib.

Setelah itu diumumkan keadaan pemerintah dan pasukan telah mengambil alih kekuasaan di Ibukota Buoner dan pusat2 utama lainnya. Pada sore Rabu kemarin dilaporkan tidak ada perlawanan senjata terhadap pengambilalihan militer tersebut.

Dok. Kompas.com

Akan tetapi,Konfiderensi buruh dikabarkan memerintahkan suatu permogokan umum untuk waktu yang tidak terbatas.

Presiden MAria Estela Peron ditangkap setelah ia mencoba menjaga negeri itu. Presiden Veron memegang kekuasaan hanya selama 12 bulan setelah suaminya meninggal dunia.

Selanjutnya, BBC melaporkan selama waktu itu Argentina semakin merosot ke dalam kekacaoan ekonomi dan tidak ketentuan. Akhirnya presiden tidak lagi berkuasa. (*)

BERITA INI TELAH TERBIT DI KORAN HARIAN UMUM HALUAN EDISI KAMIS 25 MARET 1976. KEMUDIAN DITULIS ULANG DENGAN NARASI YANG SAMA OLEH CALON PENULIS BERBAKAT AMANDA ALFHATUNNISA (SISWI SMPN 8 PADANG).

Arsip Koran Harian Umum Haluan, edisi 25 Maret 1976.
Exit mobile version