Anggota DPR RI Suir Syam Akan Resmikan Gedung BLK Thawalib Padang Panjang

HARIANHALUAN.id – Anggota DPR RI dr. H. Suir Syam. M. Kes. MMR dijadwalkan meresmikan gedung Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Pesantren Thawalib Padang Panjang pada Sabtu 4 Februari 2023.

Peresmian tersebut sebagai tanda selesainya pembangunan gedung BLKK Pesantren Thawalib yang merupakan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI tahun anggaran 2022.

Sekretaris Yayasan Thawalib Padang Panjang Irwan Natsir Rabu (1/2/2023) dalam keterangannya mengatakan, peresmian gedung BLKK Thawalib dilakukan oleh Suir Syam anggota DPR RI dapil Sumatera Barat.

“Alhamdulillah Pak Suir Syam menyatakan kesediaanya untuk meresmikan gedung tersebut,” ujarnya.

Dijelaskan Irwan Natsir, kontribusi Suir Syam yang duduk di komisi 9 DPR RI itu cukup besar terhadap berdirinya gedung BLKK Thawalib.

“Beliau yang mendorong agar ada dibangun gedung BLKK di Thawalib dengan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI tahun anggaran 2022,” jelasnya.

Dorongan dari Suir Syam dari Partai Gerindra tersebut dalam pembangunan gedung BLKK tentu punya alasan. Sebagai wali kota Padang Panjang dua periode (2003 sampai 2013), punya perhatian terhadap upaya pembangunan sarana pendidikan di kota Padang Panjang.

“Sebagai orang yang pernah memimpin Padang Panjang beliau punya perhatian terhadap dunia pendidikan. Dibuktikan dengan mendorong agar Thawalib Padang Panjang memiliki gedung BLKK untuk tempat para santri mendapatkan pelatihan keterampilan,” kata Irwan Natsir.

Gedung BLKK

Gedung BLKK Thawalib mulai dibangun bulan Agustus sampai Desember 2022 atas bantuan Kementerian Ketenagakerjaan RI. Selain bantuan pembangunan gedung juga hibah atas peralatan BLKK.

Menurut Irwan Natsir, gedung BLK Thawalib adalah tempat pelatihan keterampilan bagi santri Thawalib dalam bidang kuliner.

“Para santri Thawalib terutama santri Thawalib Putri akan mendapatkan pelatihan kuliner di gedung BLKK dan pelatihan tersebut menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh para santri,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler bagi santri Thawalib yakni pelatihan kuliner diharapkan ketika santri Thawalib lulus nanti telah memiliki keterampilan yang bermanfaat bagi santri.

Di gedung BLKK yang akan diresmikan tersebut telah siap peralatan pelatihan dan tenaga instruktur dan tenaga pelatih. ‘Untuk tenaga instruktur sebelumnya sudah dilatih oleh Kementerian Ketenagakerjaan di Solo selama dua bulan. Sedangkan untuk tenaga pelatih mengikuti pelatihan di Jakarta, “jelas Irwan Natsir.
Gedung BLKK Thawalib terletak di jalan Abd Hamid Hakim Padang Panjang persisnya di areal masjid Maimunah Ali Thawalib. (*)

Exit mobile version