Unes Gelar Workshop Penulisan dan Klinik Proposal Hibah Kemendikbudristek

Nasumber diabadikan bersama Rektor, Warek 1 dan Ketua LPPM UNES pada acara workshop.

PADANG, HARIANHALUAN.ID — Sebanyak 65 orang dosen termasuk Dekan di lingkungan Universitas Ekasakti dan Akademi Akuntansi Indonesia mengikuti workshop penulisan dan klinik proposal hibah Kemendikbudristek tahun 2023, Senin (6/2). Kegiatan ini dibuka Rektor Unes Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M,Pd di Ruang Sidang Rektor Universitas tersebut. 

Pada workshop penulisan dan klinik proposal hibah Kemendikbudristek tahun 2023 ini menghadirkan 2 orang narasumber yaitu Prof. Dr. Rahadian Zainul, S.Pd  Dosen UNP Padang dan Prof, Dr. Ir. Khasrad, M.Si Dosen Univ. Andalas Padang Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari tanggal 6 dan 7 Februari 2023. 

Kepala LPPM Universitas Ekasakti Dr. Ir. Nita Yesserita, MP  mengatakan Workshop kali ini mengusung tema “Workshop penulisan dan klinik proposal  hibah Kemendikbudristek tahun 2023” Sejak tahun 2022 LPPM Unes naik klaster  dari binaan menjadi klaster Madya. Di satu sisi kita senang dan di sisi lain kita sedikit kecewa karena  di klaster madya tidak bisa mengikuti hibah penelitian dosen pemula, sementara dosen muda kita banyak sekali bersemangat untuk ikut hibah penelitian bulan November 2022. 

Dikatakan hibah penelitian memilikI 3 skema yaitu kompetiti nasional, desenralisasi dan pengembangan, klaster madya boleh mengikuti hibah kompotitif nasional  dan desentralisasi.  Hibah  kompotiti juga memiliki 3 skema yaitu penelitian dasar (fundamental, kerjasama nasional dan internasional hibah pascasarjana magister dan doktor serta hibah PDP). 

Sedangkan bidang terapan ada 2 yaitu terapan hirisasi dan  kesepakatan serta hibah PDP. Sedangkan bidan terapan  ada 2 terapan hitisasi dan kecakapan  serta hibah desentralisasi  terbagi 2 yaitu penelitian fundamental unggulan  dan perguruan tinggi serta penelitian unggulan terapan perguruan tinggi.  

Rektor Unes Prof Dr. H. Sufyarma Marsidin M.Pd mengatakan ilmuan yang mewajibkan kita untuk menjalankan tridharma perguruan tinggi  pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  oleh karena itu ada 3 paradigma dalam pendidikan,  paradigma  bersifat positif menggunakan pendekatan destruktif  dan kualitatif dan kedua paradikma positif  dan ketiga  paradikma prakmatif. 

Diharapkannya  agar peserta workshop ini  mengikuti dengan sungguh-sungguh, sehingga nanti dalam pembuatan proposal hibah kemendikbudristek dapat  dengan mudah menyelesaikan sesuai dengan aturan.

(rel)
Exit mobile version