Hebatnya lagi, tambah Darmawi, kanal Haluan-ASITA juga menjadi media komunikasi bagi ASITA sendiri dengan perusahaan anggota dan masyarakat luas. Sebab, di kanal Haluan-ASITA selain berita juga disediakan kolom tanya jawab dan seputar informasi perjalanan wisata, umroh dan informasi seputar pariwisata lainnya.
Sementara itu, Pemimpin Perusahaan Harian Umum Haluan, Silvia Oktarice mengungkapkan, peluncuran kanal Haluan-ASITA merupakan salah satu program Harian Umum Haluan memaksimalkan publikasi industri pariwisata Sumatera Barat.
“Kita sadari, multiflier effect sektor pariwisata itu luar biasa. Mulai dari usaha objek wisata, transportasi, kuliner, produk lokal UMKM hingga hotel dan restoran. Maju pariwisata, maka maju pula lah seluruh sektor pendukung tersebut. Makanya, sebagai media kami siapkan ruang untuk ASITA, karena perusahaan-perusahaan tours & travel inilah pemegang peran awal di sektor pariwisata ini,” ujar Silvia.
Dia menambahkan, Kanal Haluan-ASITA akan diluncurkan jelang akhir Februari 2023 seiring diselenggarakan Diskusi tentang “Haluan-ASITA Menduniakan Pariwisata Sumatera Barat”. Diskusi menghadirkan nara sumber dari pihak terkait serta mengundang anggota ASITA Sumatera Barat. (*)