Bersama Haluan, ASITA Menduniakan Pariwisata Sumatera Barat

HARIANHALUAN.id – Media adalah jendela informasi. Tanpa media, tak mungkin informasi beredar dari pelosok negeri sampai ke penjuru dunia.

“Oleh sebab itu, peran media sangat penting sekali. Terutama di sektor pariwisata, peran media kunci berkembangnya pariwisata,” kata Ketua DPD ASITA Sumatera Barat, Darmawi saat berbincang dengan Harianhaluan.id dalam rangka persiapan peluncuran Kanal Haluan-ASITA di media Harian Umum Haluan, Rabu (08/12/23).

Haluan-ASITA merupakan kanal khusus yang disiapkan Harian Haluan bekerjasama dengan ASITA Sumatera Barat. Kanal tersebut khusus untuk publikasi/promosi program perusahaan Tours & Travel yang tergabung dengan ASITA Sumatera Barat.

“Kanal ini sangat bagus sekali. Melalui media harianhaluan.id, kita menduniakan pariwisata Sumatera Barat melalui kanal Haluan-ASITA. Apalagi harianhaluan.id merupakan satu-satunya media bekerjasama dengan nagari dan desa di Sumatera Barat. Artinya, berita-berita nagari dan desa di Sumatera Barat tampil di Haluan, diantaranya berita-berita potensi pariwisata daerah,” sebut Darmawi.

Sebagai organisasi perusahaan tours travel yang memiliki anggota sekitar 251 perusahaan di Sumbar, ASITA Sumatera Barat mendukung penuh dan mengapresiasi program Harian Haluan menerbitkan kanal Haluan-ASITA. Kanal tersebut memberikan ruang sebesar-besarnya seputar informasi tour & travel di Sumbar, termasuk travel perjalanan ibadah umroh.

“Kanal Haluan-ASITA ini menjadi media informasi bagi kami, bagi pembaca dan masyarakat luas, baik di ranah di Sumatera Barat maupun di rantau di luar Ranah Minang. Kami yakin, melalui kanal Haluan-ASITA ini akan bermunculan potensi-potensi pariwisata di seluruh pelosok nagari dan desa di Sumatera Barat,” sebut Darmawi lagi.

Hebatnya lagi, tambah Darmawi, kanal Haluan-ASITA juga menjadi media komunikasi bagi ASITA sendiri dengan perusahaan anggota dan masyarakat luas. Sebab, di kanal Haluan-ASITA selain berita juga disediakan kolom tanya jawab dan seputar informasi perjalanan wisata, umroh dan informasi seputar pariwisata lainnya.

Sementara itu, Pemimpin Perusahaan Harian Umum Haluan, Silvia Oktarice mengungkapkan, peluncuran kanal Haluan-ASITA merupakan salah satu program Harian Umum Haluan memaksimalkan publikasi industri pariwisata Sumatera Barat.

“Kita sadari, multiflier effect sektor pariwisata itu luar biasa. Mulai dari usaha objek wisata, transportasi, kuliner, produk lokal UMKM hingga hotel dan restoran. Maju pariwisata, maka maju pula lah seluruh sektor pendukung  tersebut. Makanya, sebagai media kami siapkan ruang untuk ASITA, karena perusahaan-perusahaan tours & travel inilah pemegang peran awal di sektor pariwisata ini,” ujar Silvia.

Dia menambahkan, Kanal Haluan-ASITA akan diluncurkan jelang akhir Februari 2023 seiring diselenggarakan Diskusi tentang “Haluan-ASITA Menduniakan Pariwisata Sumatera Barat”. Diskusi menghadirkan nara sumber dari pihak terkait serta mengundang anggota ASITA Sumatera Barat. (*)

Exit mobile version