Sumatra Barat Berduka! Azwar Anas Mantan Gubernur Sumbar dan Menteri Era Presiden Soeharto Berpulang

Letjen TNI (purn) Azwar Anas

Letjen TNI (purn) Azwar Anas

HARIANHALUAN.id – Tokoh nasional yang juga merupakan Mantan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) dua periode era Presiden Soeharto, Letjen TNI (purn) Azwar Anas meninggal dunia, Minggu (5/3/2023).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Azwar Anas menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 11.40 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Azwar Anas meninggal karena sakit diusia 90 tahun. Ia telah menjalani perawatan di ruang CICU RSPAD Gatot Subroto selama kurang lebih dua bulan yang lalu.

Kabar duka ini disampaikan oleh anak kandung Azwar Anas, Ronny Pahlawan di dalam WhatsApp Group.

“Berita duka. Innalillaahi wainna ilaihi raaji’uun. Telah berpulang ke Rahmatullah Ayahanda kami tercinta Papa Letjen TNI (purn). Ir. H. Azwar Anas. Dt. Rajo Sulaiman di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Pada hari ini, Minggu 5 Maret 2023 pukul 11.45 WIB,” ujar Ronny dalam keterangan tertulis yang diterima Haluan.

Dalam pesan itu, atas nama anak-anak almarhum, Ronny Pahlawan juga memintakan maaf bagi almarhum. “Kami mohon dimaafkan segala salah dan khilaf beliau selama hidup.WassalaWassalamu’alaikum, warahmatullaahi wabarakaatuh,” tulis Ronny.

Diketahui, Azwar Anas merupakan tokoh kelahiran Padang 2 Agustus 1933. Sepanjang hidupnya, ia pernah menjabat sebagai menteri perhubungan hingga menko kesra era kabinet Presiden Soeharto pada periode 1993-1998

Ia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Sumbar pada periode 1977 sampai dengan tahun 1987. Sepanjang hidupnya, ia juga dikenal sebagai tokoh olahraga sepakbola.

Azwar Anas pernah tercatat sebagai Ketua Umum PSSI pada periode 1991-1998 hingga akhirnya digantikan oleh Agum Gumelar pada tahun selanjutnya. Salah satu terobosannya dan jasanya di dunia sepakbola yang patut dikenang hingga saat ini adalah menggabungkan kompetisi Galatama dengan Perserikatan tahun 1995. (*)

Exit mobile version