Irigasi Raksasa Panti-Rao Dibangun dengan Anggaran Rp4,5 Miliar

Padang, Maret (Antara) – Irigasi terbesar di Sumatera Barat yang mampu mengairi 11.000 ha. sawah akan dibangun di Kecamatan Perwakilan Panti, Kabupaten Pasaman mulai tahun ini (1976-red).

Kepala Bagian Pengairan Dinas PU Sumatera Barat, Mustafa Ibrahim hari Kamis mengatakan proyek tersbut akan menelan biaya kurang lebih Rp4,5 miliar dan akan rampung pertengahan Repelita III.

“Proyek itu memungkinkan intensifikasi sawah yang sudah ada seuas 6.500 ha. dan perluasan (pencetakan) sawah baru seluas 4.400 ha,” kata Mustafa dikutip dari Koran Haluan, edisi Senin 29 Maret 1976.

Di samping itu, irigasi Panti-Rao memungkinan pula penduduk di sepanjang jaringan-jarinagn salurannya beternak ikan di kolam,” katanya menambahkan.

Rencana pembangunan irigasi itu sudah di survai oleh Biro Intac No pertama, Bandung, tahun 1974 dan Dirjen pengairan Departemen PUTL, Ir. Sujono sudah meninjau ke daerah itu awal tahun 1973. Ma seluas 51.260 m3 sudah dilaksanakan akhir Januari yang lalu denga membayar ganti rugi sebesar Rp1.44 juta kepada 19 orang penduduk.

Di atas tanah tersebut kini sedang dibangun ” base camp” jalan masuk ke case camp dan jalan masuk ke “dumsid” yang akan memudahkan pekerjaan selanjutnya. Mustafa mengatakan, tahap berikutnya akan dilaksanaan pembebasan tanah untuk pembangunan pertama “primer” dan saluran dua “Sekunder”.

Tahun depan, sauluran induk mulai dibangun dan selanjutnya saluran dua sekunder bersamaan dengan pembangunan bendung di batang (sungai) sumpur yang punya debit kurang lebih 20 m3/detik. kecamatn Rao Mapat Tunggal termasuk perwakilan kecamatan Panti, merupakan daerah “gudang beras” di KAbupaten PAsaman. Disana terdapat 12.000 ha sawah dengan penduduk 63.300 jiwa.

Setiap tahun daerah itu menghasilkan 44.630 ton padi kering yang sebagian besar dipasarkan ke Medan dan Padang.

Transpor sangat mudah karena daerah terletak sepanjang kiri kanan jalan negara yang menghubungkan Padang dengan Medan. Disanalah dataran Panti-Rao dibangun. (*)

BERITA INI DITERBITKAN KORAN UMUM HALUAN PADA EDISI SENIN 29 MARET 1976 DENGAN JUDUL “IRIGASI RAKSASA TAHUN INI DIBANGUN DI PANTI”. KEMUDIAN DITULIS ULANG DENGAN NARASI YANG SAMA OLEH PENULIS PEMULA BERBAKAT, AMANDA ALTHAFUNNISA R (SISWI SMPN 8 PADANG).

Arsip dokumen Koran Harian Umum Haluan Edisi, Senin 29 MAret 1976.
Exit mobile version