Polda Sumbar Kerahkan Personel ke Lokasi Balimau

ADA 298 LOKASI

Kabid Humas Polda Sumbar

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto

HALUANNEWS, PADANG – Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Polda Sumbar) memetakan sejumlah lokasi pelaksanaan balimau menjelang Ramadan setiap tahunnya.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, di seluruh wilayah hukum Polda Sumbar terdapat 298 tempat pelaksanaan tradisi balimau, yang terdiri atas lokasi wisata alam, pantai dan bahari yang ramai dikunjungi masyarakat.

“Di Padang ada 37 lokasi balimau, Solok ada 24 lokasi, Sawahlunto 9 lokasi, Tanah Datar 15 lokasi, Padang Panjang 25 lokasi, Solok Selatan 10 lokasi, Pasaman empat lokasi, Pariaman sembilan lokasi, Dharmasraya lima lokasi, Payakumbuh 21 lokasi dan Agam sembilan lokasi,” ujarnya kepada Harianhaluan.id, Jumat (1/4/2022).

Selanjutnya, di Kabupaten Pasaman Barat 19 lokasi, Kabupaten Solok tujuh lokasi, Bukittinggi 17 lokasi, Sijunjung 13 lokasi, Pesisir Selatan 37 lokasi, Lima Puluh Kota 12 lokasi, Mentawai 16 lokasi dan Kabupaten Padang Pariaman sembilan lokasi.

Satake menyebutkan, pada tahun ini pada dasarnya masyarakat dipersilahkan untuk melaksanakan tradisi balimau, namun dengan anjuran tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes).

“Intinya, tradisi balimau dipersilahkan. Begitupun tempat wisata dipersilahkan untuk buka, namun kami tetap mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi prokes, terutama penggunaan masker ketika berada di keramaian,” ucapnya.

Satake menyebutkan, pihaknya melalui jajaran Polres dan Polsek, serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah akan terus mengawasi penerapan prokes di tengah-tengah masyarakat.

“Selain giat pengamanan seperti antisipasi laka lantas, kemacetan dan kriminalitas, prokes menjadi salah satu yang menjadi perhatian. Diharapkan masyarakat tetap mematuhinya,” ucapnya. (h/mg-fzi)

Exit mobile version