Inilah Momen yang Ditunggu-tunggu Saat Bulan Ramadhan

HALUANNEWS, JAKARTA – Bulan yang ditunggu- tunggu sebagian besar masyarakat Indonesia adalah bulan Ramadan dimana bulan ini umat beragama Islam melakukan ibadah puasa.

Bulan ini tentunya juga ditunggu-tunggu karna setelah 2 tahun lebih dunia di dalam masa pandemi sehingga momen Ramadan dan hari raya Idul Fitri sebagai momen kebersamaan berkumpul yang ditunggu- tunggu.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia, momen Ramadan yang di tunggu-tunggu seperti :

  1. Munggahan dan Berziarah

Tradisi munggahan sering dilakukan menjelang bulan suci Ramadan. Munggahan dilakukan dengan membagikan makan dan berkumpul bersama keluarga, saudara, kerabat sebagai wujud syukur akan hadirnya bulan suci Ramadan.  Lalu tradisi yang dilakukan juga adalah berziarah ke makam orang tua, keluarga dan orang saleh.

Tradisi buka puasa tentu nya momen yang ditunggu bersama keluarga atau teman dan juga kerabat. Seperti yang kita tahu dalam 2 tahun kebelakang momen buka bersama ini harus diurungkan untuk dilakukan karena harus menjaga protokol kesehatan. Dan tahun ini adalah momen yang ditunggu untuk merencanakan kembali buka bersama.

Menjadi kebiasaan saat menantikan jam buka puasa atau sambil sahur adalah dengan menonton acara favorit di televisi. Momen ini seolah menjadi tradisi yang seru, namun saat tidak dekat dengan televisi, kini ada aplikasi RCTI+ yang memudahkan menikmati banyak hiburan dimanapun dan kapanpun mulai dari streaming TV populer, mendengarkan podcast religi dari ustadz terkenal,  hingga update berita tentang ramadan dan mudik.

Seperti yang diketahui tunjangan hari raya adalah yang ditunggu-tunggu oleh semua karyawan. Momen penerimaan THR juga menjadi tradisi untuk membeli keperluan rumah dan juga untuk berbagi ke sanak keluarga dan kerabat. Biasanya momen serunya adalah berbagi ke anak-anak dengan cara yang fun.

Momen mudik ini tentunya jadi yang paling ditunggu, untuk yang bekerja di luar kota atau berjauhan dengan sanak keluarga. Momen mudik , memesan transportasi untuk kembali ke tempat asal hingga momen berkumpul dengan keluarga. melepaskan rindu setelah berbulan-bulan atau bahkan beberapa tahun tidak bertemu untuk saling berbagi cerita dan saling memaafkan.

Banyak momen ramadan yang tahun ini sangat ditunggu- tunggu. Selain karena tidak terjadi di bulan-bulan yang lain tapi juga momen di bulan ramadan menjadi sebuah cerita yang selalu dikenang baik bersama keluarga juga bersama teman dan kerabat. (*)

Exit mobile version