Awal Puasa Kembali Berbeda, Ini Kata Menag Yaqut

HALUANNEWS, JAKARTA – Awal puasa 1 Ramadhan tahun ini kembali terjadi perbedaan.

Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan awal puasa Sabtu 2 April 2022, sementara Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) menetapkan 3 April yang juga sama dengan pemerintah yang menetapkan awak puasa, besok Minggu (03/04/22).

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin langsung sidang isbat untuk penentuan awal Ramadan 1443 H yang digelar Kementerian Agama, Jumat (1/4).

Hasil yang didapat dari sidang isbat tersebut adalah hilal tidak terpantau di sejumlah wilayah pemantauan.

“Secara mufakat 1 Ramadan jatuh pada Ahad (Minggu) 3 April 2022,” ujar Yaqut dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (2/4/22).

Jelang Puasa, Harga Sembako di Pasar Tradisional Parung Meroket
Di sisi lain, Ketua MUI Abdullah Jaidi mengatakan jemaah Muhammadiyah akan mulai menjalankan puasa Ramadan pada Sabtu (2/4).

“Tentunya sebagian dari Muhammadiyah akan memulai puasa esok hari tak kurangi arti kebersamaan kita. Kita boleh beda tapi kita harus jaga persatuan dan kesatuan kita. Terutama saat melakukan ibadah maha suci di Ramadan ini,” kata Abdullah.

Meskipun tak serempak, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau seluruh umat Islam di Indonesia tetap menjaga ketertiban dan keamanan selama bulanRamadan1443 H tahun ini.

“Kami imbau kepada umat Islam tetap menjaga keamanan, persatuan dan ketertiban,” kata Yaqut dalam konferensi persnya, Jumat (1/4). (*)

Exit mobile version