Kebakaran Hebat di Somalia Hanguskan Toko-toko di Pasar

HALUANNEWS, MOGADISHU – Awal Ramadhan berduka di Somalia. Kebakaran hebat melanda pasar utama di kota Hargeisa Somalia utara pada Sabtu waktu setempat.

Sedikitnya 28 orang terluka dan menghancurkan ratusan toko dan kios.

Menurut saksi mata, “neraka” dalam semalam dimulai di mana gudang-gudang tua terletak di pasar Waheen yang luas, pusat bisnis yang semarak di kota.

“Api mulai dari gudang tua dan angin menyebar dengan cepat melalui pasar, menghanguskan gedung bertingkat, toko teh, bahan makanan, restoran, toko elektronik dan pasar daging,” ungkap Sayid Karama, seorang saksi mata mengatakan seperti dikutip dari VOA, Minggu (3/4/2022).

Gambar yang diposting di media sosial menunjukkan seluruh area pasar ditutupi oleh api besar yang mengirimkan asap hitam ke atas kota, yang terletak di wilayah Somaliland.

Selama kunjungan ke pasar, Presiden Somaliland Muse Bihi Abdi mengatakan 28 orang, sembilan di antaranya wanita, terluka, dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Para pejabat mengatakan mereka yang terluka sebagian besar adalah para pedagang yang berusaha menyelamatkan beberapa barang dagangan mereka dari kios-kios yang terbakar.

Penyebab kebakaran, yang oleh beberapa pedagang pasar disalahkan karena korsleting listrik, masih belum jelas.

Walikota Hargeisa, Abdikarim Ahmed Mooge, yang mengunjungi pasar yang terbakar, mengatakan bahwa jalan-jalan sempit pasar dan ratusan pedagang, yang menyerbu ke tempat kejadian menghambat upaya untuk segera memadamkan api oleh brigade kecil pemadam kebakaran kota.

Tempat ini adalah pusat ekonomi Hargeisa dan meskipun petugas pemadam kebakaran melakukan yang terbaik untuk memadamkan api, pasar hancur, dan kota ini belum pernah menyaksikan bencana besar seperti itu,” kata Mooge.

“Kami berbagi rasa sakit dengan para pedagang di Hargeisa, mereka yang kehilangan harta benda dalam kebakaran itu. Kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa kita bertahan karena keyakinan, keyakinan bahwa dari abu seperti neraka, pemulihan baru bisa lahir,” ujarnya.

Beberapa pemilik toko yang berbicara dengan VOA Somalia melaporkan kerugian harta benda yang sangat besar akibat kebakaran tersebut.

Pihak berwenang Somaliland mengatakan sebuah komite telah dibentuk untuk menilai kerugian finansial.

 “Pemerintah saya akan mengeluarkan USD 1 juta untuk membantu tanggap darurat bencana,” kata Presiden Bihi.

Kebakaran pasar bertepatan dengan hari pertama bulan suci Ramadhan, yang dimulai tahun ini dengan melonjaknya harga makanan pokok di pasar di Somalia dan di seluruh dunia.

Bagi para pedagang dan konsumen di Hargeisa, setelah dampak ekonomi COVID-19, invasi militer Rusia ke Ukraina, dan kekeringan yang berulang, kebakaran pasar berarti ketegangan ekstra untuk puasa siang hari dan pesta malam hari mereka.

“Ini adalah awal Ramadhan, bulan suci bagi 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia untuk menjalankan dengan doa, kebahagiaan dan dengan harapan pengampunan dan pahala, tetapi bagi banyak dari kita di sini di Hargeisa, itu dimulai dengan senang dan sedih di pada saat yang sama,” kata Mahad Ahmed, seorang pedagang yang keluarganya kehilangan lima toko dalam kebakaran, kepada VOA. (*)

Sumber: Sindonews

Exit mobile version