Waduh! Ribuan Masyarakat Sumbar Alami Gangguan Kejiwaan

HARIANHALUAN.ID – Data Januari-Maret atau triwulan I yang dikeluarkan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof HB Saanin Padang mencatat ada 7 ribuan lebih masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) menjadi pasien rawat jalan rumah sakit tersebut. Pasien terbanyak dari Kota Padang dan beberapa daerah lainnya di Sumbar.

Kepala RSJ Prof HB Saanin Padang, dr Aklima menyebutkan, ada banyak faktor yang menyebabkan gangguan kejiwaan tersebut, dimana salah satu faktor yang dominan itu faktor ekonomi.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk pasien yang berhasil pulang tenang sepanjang 2022 sebanyak 2.484 orang dengan berbagai penyebab gangguan jiwa yang dialami pasien di RSJ HB Saanin itu.

dr Aklima menyebut, adapun beberapa jenis gangguan kejiwaan terbanyak yang dialami pasien, antara lain skizofrenia paranoid, skizoafektif tipe campuran, skizoafektif tipe manik, skizofrenia YTT, skizoafektif tipe depresi dan sebagainya.

Lantas apa solusi yang mesti dilakukan untuk menekan angka tersebut? Apakah cukup hanya dengan mengandalkan keluarga semata? Atau kah diperlukan kehadiran pemerintah untuk kasus ini? (*)

Semua Dikupas Dalam di Koran Harian Haluan Edisi Senin 15 Mei 2023 Bersama Beberapa Pakar. Catat, Eksklusif Hanya di Harian Haluan.

Exit mobile version