COMING SOON! Pameran Nasional Haluan Nagari Expo2023 Didukung Penuh UNP dan Pemprov Sumbar

UNP

Promotor Nasional Haluan Nagari Expo, Herdinal didampingi tim Harian Haluan saat bertemu dengan Rektor UNP, Prof Ganefri dan Sekretaris Universitas Erianjoni di Gedung Rektorat UNP, Selasa (16/5/2023). Isra

HARIANHALUAN.ID – Koran Harian Haluan kembali menggebrak dengan terobosan terbarunya. Sukses dengan pembekalan Jurnalis Haluan Nagari, kini koran tertua di Sumatra itu bakal menggelar Haluan Nagari Expo.

Haluan Nagari Expo merupakan sebuah program yang akan diusung Haluan dalam ulang tahun ke-75 pada Oktober 2023 nantinya. Dalam pertemuan dengan Rektor UNP, Prof Ganefri, Pemimpin Umum Harian Haluan, Zul Effendi menyampaikan, Haluan Nagari Expo ini nantinya akan melibatkan banyak pihak. Diperkirakan ada seribuan nagari yang akan ambil bagian dalam ajang itu.

“Tujuh puluh lima tahun Haluan nantinya juga akan bertepatan dengan dies natalis UNP. Momentum ini nantinya bisa kita manfaatkan dengan membangkitkan berbagai hal yang bermanfaat untuk mahasiswa UNP dan masyarakat pada umumnya,” katanya didampingi Promotor Nasional Haluan Nagari Expo, Herdinal, Pemimpin Perusahaan Silvia Oktarice dan
Redaktur Pelaksana, Isra Hermanto.

Zul Effendi menjelaskan, Harian Haluan juga sudah berupaya dalam kontribusi membangun nagari. Salah satunya dengan merintis kemitraan nagari dalam program jurnalis nagari. Tidak hanya itu, melalui program itu ia berharap mampu terlahir 1.000 kontributor jurnalis nagari.

Promotor Nasional, Herdinal dalam hal ini mengatakan, dalam agenda itu nantinya akan diadakan berupa expos potensi dan inovasi nagari. Dalam rangkaian expo nanti juga akan memberikan pelatihan-pelatihan dalam yang sejalan dengan tema, baik untuk wali nagari, guru, mahasiswa dan masyarakat umum tentunya.

“Nanti untuk mahasiswa UNP khususnya pariwisata, akan kita fasilitasi branding, iven organizer dan juga meeting, incentive, convention and exhibition (mice),” tuturnya.

Nagari Expo, ujar Herdinal, nantinya tidak hanya akan menjadi awarding nagari dan branding nagari. Namun, agenda itu juga akan menghadirkan 1.000 tenan, serta hiburan yang ikut memeriahkan.

Menyambut baik hal itu, Rektor UNP, Prof Ganefri menyampaikan, agenda ini merupakan agenda mambangkik batang nan tarandam. Sumbar merupakan provinsi yang masih mempertahankan keunikan budayanya.

“Di Sumbar, kita masih melekat dengan nagari dan jorong. Keunikan Sumbar melalui Haluan Expo Nagari ini akan menjadi langkah yang tepat dan startegis untuk kembali membranding Sumbar,” tuturnya.

UNP, sebutnya, akan terus mendukung berbagai program yang membawa manfaat bagi civitas akademika UNP. Sebab, lulusan UNP akan membantu mempercepat Sumbar tumbuh dan berkembang.

Selain itu, Ganefri juga menyebut bahwa UNP saat terus mengembangkan program studinya dalam menyesuaikan era revolusi. UNP ingin membangun dan menciptakan kualitas pendidikan yang baik.

“Pengembangan prodi yang dibutuhkan terus kita lakukan. Pertama, bidang kesehatan, tahun ini prodi kedokteran yang berbeda dengan kedokteran konvensional. Pendidikannya full digital managemen, nanti calon-calon dokter akan diajarkan juga leadership. Kemudian ada
juga program bisnis digital,” tuturnya.

Selain dukungan dari Rektor UNP, dukungan yang sama juga datang dari Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah. Ia menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh perhelatan Nagari Expo yang akan digelar Harian Haluan pada Oktober 2023
nanti.

Menurutnya, iven ini sangat tepat untuk mengexpos potensi-potensi yang dimiliki oleh nagari. “Nagari saat ini tengah bergerak menghadirkan potensi-potensi yang ada di nagari tersebut. Apalagi pemerintah sangat mendukung, dengan adanya dana desa. Ditambah lagi dengan kehadiran UU Nomor 17 Tahun 2022 tentang Sumatra Barat, dimana di dalamnya tercantum kearifan lokal adat salingka nagari. Ini peluang besar bagi nagari-nagari di Sumbar untuk mengembangkan potensinya,” kata Mahyeldi saat dikunjungi Tim Harian Haluan di
Istana Gubernur, Selasa (16/5/2023) sore.

Promotor Nasional Haluan Nagari Expo, Herdinal didampingi tim Harian Haluan saat beraudiensi dengan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, soal Haluan Nagari Expo 2023 di Gubernuran Sumbar, Selasa (16/5/2023). IST

Ia mengatakan, dari 500 lebih nagari adat di Sumbar, masing-masing punya ciri khas dan potensi masing-masing, mulai dari potensi budaya, pariwisata, alam, hingga kuliner. Lebih-lebih pariwisata, dimana saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah gencar-gencarnya mendorong pemerintah daerah mengembangkan desa wisata.

“Maka sebab itu, ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan oleh nagari. Dan karena itu, kami sangat mengapresiasi adanya Nagari Expo yang digelar Harian Haluan,” katanya. (*)

Exit mobile version