Pilot-pilot Angkatan Udara Amerika Dibunuh

Washington, April (ANTARA/ATP) – Kol. AU AS James Kasler mengatakan hari Senin (2 April 1973 – Red) bahwa, ia yakin sejumlah besar pilot2 Amerika telah dibunuh oleh satuan2 milisi dan penduduk sipil setelah terjun dengan payung dari pesawatnya.

Kol. Kasler yang ditawan oleh Vietnam Utara selama 6,5 tahun sebagai tawanan perang, mengatakan lebih dari 100 orang penerbang terlibat masih hidup sesampai di darat, tetapi tidak pernah dipenjarakan.

Kasler mengatakan dalam suatu wawancara bahwa beberapa orang tawanan peran Amerika selama dari hukuman mati oleh pasukan2 reguler Vietnam Utara.

Arsip Koran Harian Haluan Edisi 1973

Bagaimana dengan bantuan Nixon?

Sehubungan dengan pernyataan2 bekas tawanan peran AS, bahwa mereka telah disiksa dan mendapat perlakuan jelek di Vietnam Utara telah menambah keraguan pihak kongres terhadap rencana2 bantuan Nixon kepada Vietnam Utara yang digambarkan sebagai suatu investasi dalam perdamaian.

Demikian para peninjau mengatakan hari Senin.

Hari Minggu (1 April 1973 – Red), Senator Buckley dari New York dan anggota DPR Joel Broyhill dari Virginia mengeluarkan sebuah kominike mendesak presiden Nixon untuk mempertimbangkan secara seksama setiap usul untuk bantuan ekonomi kepada Vietnam Utara, sehubungan dengan pernyataan2 para tawanan perang mendapat perlakuan buruk dan keadaan penjara yang menyedikan selama ditawan di Vietnam Utara.

BERITA INI SUDAH TERBIT DI KORAN HALUAN EDISI 5 APRIL 1973 DENGAN JUDUL “Pilot2 Amerika Dibunuh”. KEMUDIAN DITULIS ULANG DENGAN NARASI YANG SAMA OLEH PENULIS PEMULA BERBAKAT, AMANDA ALTHAFUNNISA R (SISWI SMPN 8 PADANG)

Exit mobile version