Tekan Potensi Kejahatan, Polres Padang Panjang Gelar Apel Kasat Kamling

Suasana apel kasat kamling di Mako Polres Padang Panjang pada Rabu (21/6/2023). APIZRAJOALAM

HARIANHALUAN.ID — Kepolisian Resort (Polres) Kota Padang Panjang menggelar apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) di halaman Mako Polres, Rabu (21/6/2023). Kasat Kamling yang akan digerakkan itu menjadi salah satu langkah menekan potensi kejahatan di lingkungan masyarakat.

Kapolres Padang Panjang, AKBP Donny Bramanto menyampaikan amanat dari Kapolri terkait apel kasat kamling yang juga dilakukan serentak seluruh Indonesia. Apel yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi satkamling.

“Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah satuan keamanan lingkungan atau satkamling,” ujarnya.

Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

“Oleh karena itu, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan satkamling. Selain itu, satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI/Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal,” tuturnya.

Pada pelaksanaan apel tersebut juga lakukan pemberian hadiah kepada pemenang lomba kasat kamling se-wilayah kerja Polres Padang Panjang. Di antaranya juara I Satkamling Sago Residence RT 14, Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), juara II Satkamling Barin RT 21, Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan PPT, serta juara III Satkamling Mato Aie, Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. Kapolres Donny juga mengukuhkan Polisi RW. (*)

Exit mobile version