Bhabinkamtibmas Sungai Geringging Tingkatkan Sinergitas dengan Warga

Polsek Sungai Geringging

Bhabinkamtibmas Nagari Malai III Koto, Polsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Aipda Abdul Wahid Nasution saat melaksanakan kegiatan sambang bersama perangkat Nagari Malai III Koto di Kantor wali nagari tersebut, beberapa hari yang lalu. IST

HARIANHALUAN.ID — Peran aktif masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sangat dibutuhkan, apalagi pada masa sulit saat ini disinyalir gangguan tersebut meningkat.

Untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif itu, masyarakat dan aparat kepolisian agar bisa bekerja sama secara terpadu untuk mewujudkan pengamanan. Ungkapan itu disampaikan Bhabinkamtibmas Nagari Malai III Koto, Polsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Aipda Abdul Wahid Nasution saat melaksanakan kegiatan sambang bersama perangkat Nagari Malai III Koto di Kantor wali nagari tersebut, beberapa hari yang lalu.

Abdul Wahid mengatakan, untuk mewujudkan kondusifitas kamtibmas kepolisian tidak bisa berkerja sendiri, tentu butuh dukungan dan partisipasi dari masyarakat. Sebab, hanya masyarakatlah yang lebih mengetahui lingkunganya masing-masing.

“Ya, kami sangat mengharapkan peran aktif dan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan situasi keamanan yang kondusif. Tanpa peranan mereka tujuan dari kamtibmas sulit untuk dicapai,” katanya.

Dikatakannya, saat ini pola keamanan yang sangat efektif untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas adalah dengan menggiatkan kembali Sistem Kemanan Lingkungan (Siskamling). Karena keberadaan siskamling diyakini dapat mencegah dan menangkal segala bentuk gamgguan kamtibmas. “Keberadaan siskamling sangat efektif untuk menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas,” ujarnya.

Selain dapat menjaga kamtibmas, keberadaan siskamling juga berfungsi sebagai kontrol sosial pelayanan masyarakat. Di samping itu, keberadaan poskamling juga merupakan salah satu tempat untuk berkumpul dan sebagai wadah saling berbagi informasi dan komunikasi dengan warga.

“Dengan adanya poskamling ini diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran dalam melaksanakan tugas kewajibannya, untuk ikut menjaga lingkungan melalui kegiatan ronda malam. Kalau bukan kita yang jaga kampung, siapa lagi,” tuturnya. (*)

Exit mobile version