Genjot Publikasi Internasional, LPPM UNAND Kembali Adakan Scopus Camp

PADANG, HARIANHALUAN.ID– Pusat Pengembangan Jurnal dan Seminar (PPJS) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNAND Kembali adakan Scopus Camp yang bertema Writing Retreat Workshop: Developing Research Ideas and Writing for Publication. Scopus Camp ini diselenggarakan pada 14-16 Juli di Hotel Pangeran Beach.

“Dalam dunia akademik, publikasi artikel pada jurnal merupakan langkah penting untuk berbagi pengetahuan dan penelitian terbaru dengan komunitas ilmiah. Salah satu indikator keunggulan sebuah artikel adalah terindeksnya jurnal tersebut di pangkalan data Scopus. Saat ini UNAND terus gencar melakukan upaya untuk meningkatkan publikasi dosen pada jurnal internasional terindeks. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan adalah mengadakan kegiatan Scopus Camp,”ujar Ketua Panitia Scopus Camp Rika Sarfika.

Scopus Camp ini menggunakan metode coaching clinic, dimana setelah mendapatkan penjelasan materi dari narasumber, dilanjutkan dengan paper review secara one to one dan perbaikan naskah oleh peserta.

Lebih jauh dikatakan Dr. Ns. Rika Sarfika, S.Kep., M.Kep, dengan mengikuti kegiatan Scopus Camp Series 2 ini, penulis Universitas Andalas akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mempublikasikan manuskrip artikel jurnal yang terindeks Scopus.

“Kegiatan berjalan dengan baik dan diikuti dengan antusias yang tinggi dari para peserta. Selama tiga hari, peserta memperbaiki manuskrip publikasi yang telah direview oleh narasumber. Sebanyak 66 peserta dibagi dalam 10 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh seorang fasilitator. Fasilitator bertugas untuk membantu dalam mengarahkan para peserta bila mengalami kesulitan dalam menggunakan Grammarly untuk mengecek tata Bahasa Inggris, Mendeley References Manager untuk mengatur referensi yang digunakan, dan Turnitin untuk mengecek similaritas artikel. Kegiatan ini menghasilkan 57 artikel yang telah di submit peserta ke jurnal internasional terindeks Scopus minimal quartil tiga (Q3) pada akhir kegiatan,”ujarnya.

Ketua LPPM Universitas Andalas, Dr.-Ing. Ir. Uyung Gatot Syafrawi Dinata, M.T, menyatakan bahwa dalam rangka meningkatkan publikasi artikel jurnal terindeks Scopus dosen Universitas Andalas dan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi khususnya IKU-5 maka Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyrakat (LPPM) Universitas Andalas akan mengadakan kegiatan Scopus Camp secara lebih intens. Melalui kegiatan ini dapat tercapai target Unand yaitu 1000 artikel submit di jurnal internasional terindeks scopus selama tahun 2023.

“Kegiatan Scopus Camp series 1 yang diadakan sebelumnya telah terbukti meningkatkan jumlah manuskrip yang submit ke Jurnal Internasional bereputasi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan peluang yang lebih besar artikel yang di submit diterima di jurnal, karena telah mendapatkan feedback dari narasumber yang berpengalaman dalam publikasi jurnal internasional terindeks Scopus,”ujarnya.

Dr. Apt. Friardi Ismed selaku Sekretaris LPPM Universitas Andalas mengatakan bahwa proses pengiriman dan penerbitan artikel membutuhkan waktu dan upaya.

“Teruslah mengasah keterampilan penulisan dan terlibat dalam komunitas akademik untuk meningkatkan kesempatan peserta dalam mendapatkan publikasi di jurnal terindeks Scopus,” ujarnya.

Exit mobile version