Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran UNAND Gelar Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis CoE Melalui Prenatal Gentle Yoga

PADANG, HARIANHALUAN.ID–Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran UNAND pada tahun 2021 terpilih sebagai salah satu institusi sebagaiCenter of Excellent (CoE). Tahun 2023 saat ini sedang melanjutkan rangkaian kegiatan CoE pada tahun kedua. Adapun rangkaian kegiatan tersebut salah satunya adalah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan KIE dan Asuhan Kebidanan pada setiap siklus kehidupan perempuan. Dimulai dari masa remaja, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi dan balita, keluarga berencana serta lansia.

“Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan kelima seiring dengan berjalannya kegiatan penelitian pada kegiatan 4. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2023 di Puskesmas Lubuk Buaya, Kota Padang. Dalam hal ini dilakukan penyuluhan KIE kehamilan tentang “Prenatal Gentle Yoga”.”ujar Ketua pelaksana kegoatan Miranie Safaringga, S.ST.,M.Keb, Senin (24/7/2024).

Lebih jauh dikatakannya, periode kehamilan merupakan periode yang cukup berarti bagi seorang wanita. Dimana terdapat perubahan fisik hingga perubahan emosi dan kecemasan yang dirasakan calon ibu dalam menantikan persalinan. Salah satu bentuk upaya dalam menjaga kebugaran dan persiapan persalinan yang aman dapat dilakukan Prenatal Gentle Yoga.  Dengan dilakukannya yoga selama kehamilan ini diharapan dapat meningkatkan kebugaran ibu hamil, memberikan relaksasi serta mengurangi keluhan-keluhan yang ibu rasakan selama kehamilan seperti nyeri pinggang, kram pada kaki, dan terasa kaku pada punggung.

“Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat, yang dibuktikan dengan hadirnya 25 ibu hamil dalam rentang usia kehamilan yang beragam,”ujarnya.

 Pada kegiatan ini KIE disampaikan langsung oleh tim pelaksana siklus kehamilan yaitu Aldina Ayunda Insani, Bd.M.Keb, Rafika Oktova, SST.,M.Keb, Dina Taufia, SST., M.Keb, Henni Fitria, SST.,M.Keb, Siska Bradinda, Bd.,M.Keb, Radhiatan Mardiyah, SST, Indah Sundari, S.Keb., Pratiwi Rahma Maghfira, S.Keb., dan Rike Mardayanti, S.Keb.

“ Kegiatan berlangsung dengan lancar karena adanya koordinasi yang baik antar semua pihak yang terlibat, salah satunya oleh pihak Puskesmas Lubuk Buaya dengan melakukan kerjasama dengan masyarakat sehingga ibu-ibu hamil dapat ikut serta dalam rangkaian acara Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarkan oleh Departemen Kebidanan FK Unand,”katanya.

Selain kegiatan penyampaian KIE, juga dilakukan kegiatan yoga, sebagai instruktur yoga adalah Dina Taufia, SST., M.Keb. Sebelum dilakukannya yoga, dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan fisik yang bertujuan untuk menilai apakah ibu hamil dapat melakukan yoga atau tidak. Dari 25 orang ibu hamil terdapat lebih kurang 10 orang yang dapat mengikuti yoga sesuai dengan usia kehamilan yang aman untuk yoga.

“Ibu hamil tampak antusias dalam kegiatan yang dilakukan. Keaktifan ibu selama pemberian KIE serta semangat dalam melakukan yoga menjadi tolak ukur keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan. Diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi upaya peningkatan kesadaran masyarakat terutama ibu hamil dalam meningkatkan kesehatan dirinya dan janin,”ujarnya.

Exit mobile version