Kebidanan Unand Kenalkan Birth-Plan dan Teknik Akupresur ke Masyarakat

PADANG, HARIANHALUAN.ID–Dalam kegiatan Center of Excellence Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas menyelenggarakan program pengabdian masyarakat di Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang pada Kamis, 20 Juli 2023. Pengabdian masyarakat kali ini mengambil bagian pada beberapa asuhan, salah satunya persiapan persalinan yang dapat dilakukan ibu, menggunakan teknik akupresur. Kegiatan ini didanai oleh UNFPA yang telah masuk pada tahun kedua.

“Dalam rangka pengaplikasian keilmuan kebidanan pada masyarakat, Departemen Kebidanan FK Unand melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya penyuluhan dan praktik langsung meliputi semua siklus kebidanan dimulai dari remaja, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, balita, anak pra sekolah, KB, hingga lansia,”ujar Koordinator Kegiatan Yulizawati, SST., M.Keb, Senin (24/7/2023).

Lebih jauh dikatakannya, pengetahuan tentang teknik akupresur dalam persalinan bermanfaat bagi ibu diantaranya memberikan penyembuhan ilmiah, melancarkan peredaran darah, mengurangi nyeri, dan menenangkan ibu serta meminimalkan stress.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya optimalissi filosofi kebidanan dalam persalinan,”ujarnya.

 Sementara itu Henni Fitria, SST., M.Keb selaku pembicara pada sesi penyuluhan ini mengungkapkan bahwa stimulasi yang diberikan pada titik-titik akupresur dapat mempengaruhi area tertentu di otak untuk mengubah persepsi nyeri sehingga menghasilkan efek alamiah yang sangat besar sekali pada tubuh ibu yang akan mendekati proses persalinannya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tim yang beranggotakan Siska Bradinda, M.Keb, Radhiyatan, S.Si.T, Indah sundari, Pratiwi rahma maghfira, Rike mahdayanti. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah pasien-pasien yang berada di dalam lingkup kerja Puskesmas Lubuk Buaya bekerja sama dengan beberapa stake holder, petugas puskesmas, pembina wilayah, dan beberapa kader yang ikut terlibat dalam menunjang keberhasilan pengabdian masyarakat ini.

“Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, mereka merasa kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatannya dan berharap pengabdian seperti ini dapat terus dilaksanakan,”ujarnya.

Exit mobile version