Berkunjung ke Haluan, BSI Infokan Peluncuran Single System pada 1 November

Diskusi dan silaturahmi BSI dengan Harian Haluan di kantor redaksi Jalan Hamka, Kompleks Lanud St Sjahrir, Padang, Jumat (29/10). Upaya peningkatan literasi perbankan syariah menjadi topik utama yang diperbincangkan. YESI DESWITA

PADANG, HALUAN—PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) bakal meresmikan single system yang menandai tuntasnya proses integrasi sistem pada Senin (1/11) mendatang. Dengan demikian, BSI ke depan akan semakin siap dan prima melayani seluruh nasabah dengan mengedapankan prinsip syariah, modern, dan inklusif.

Hal itu diutarakan Area Manager BSI Area Padang, Budi Abdiriva, saat berkunjung ke Kantor Harian Haluan, Jumat (29/10). Ia menyebutkan, penyatuan sistem merupakan usaha dalam meningkatkan awareness dan literasi perbankan syariah bagi masyarakat, terutama di regional III BSI yang meliputi Sumbar, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat dan media massa yang mendukung dan mengawal Bank Syariah Indonesia sejak Legal Day One pada 1 Februari 2021 lalu, hingga saat ini melewati proses migrasi rekening ex-legacy menjadi satu sistem BSI. Kami siap melayani seluruh masyarakat Indonesia dengan lebih baik, sesuai dengan prinsip syariah, modern, dan inklusif,” kata Budi, didampingi Branch Manager BSM Cabang Padang, Bambang Prasetia, dan Area Operation & Service Manager BSI Padang, Arief Hidayat.

Di samping itu, dalam kunjungan itu BSI juga mengapresiasi peran serta media massa seperti Harian Haluan, sebagai salah satu stakeholder terpenting yang senantiasa mendukung kemajuan BSI. Lewat media, Budi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh nasabah dari ex-legacy yang tetap setia bersama BSI.

Budi menyatakan, saat ini pihaknya tengah giat dalam upaya peningkatan literasi perbankan syariah di Sumbar. Ia pun mengajak seluruh stakeholders untuk ikut mengedukasi. Sebab menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), literasi keuangan syariah di Indonesia masih cukup rendah.

“Ada di angka 8,93 persen, jauh tertinggal ketimbang indeks nasional yang ada di angka 38,03 persen. Indeks inklusi keuangan syariah juga masih 9,1 persen, juga jauh tertinggal dari indeks nasional yang mencapai 76,19 persen,” kata Budi lagi.

Oleh sebab itu, kata Budi, BSI ke depan akan terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi meningkatkan literasi perbankan syariah di tanah air, khususnya di Sumbar, yang sudah dilakukan lewat berbagai program dan kegiatan. “Kami berharap Bank Syariah Indonesia bisa memberikan manfaat yang besar bagi umat,” kata Budi lagi.

Budi menerangkan, untuk saat ini di Regional III BSI, proses migrasi sudah mencapai 100 persen. Selain itu, meski pun di tengah masa pandemi, secara aset, BSI Area Padang pada Q2-2021 tetap menunjukkan pertumbuhan dengan kualitas pembiayaan yang baik dan terjaga.

Sementara itu, Branch Manager BSM Cabang Padang, Bambang Prasetia menambahkan, dengan telah dijadikannya satu layanan sistem BSI secara nasional per 1 November 2021, maka BSI mempertegas komitmen menghadirkan layanan yang semakin memanjakan nasabah.

“Komitmen kita adalah layanan yang semakin baik, mulai dari teknologi, fitur, dan servis,” tuturnya.

Hadir menyambut dalam kunjungan tersebut, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Haluan Juli Ishaq Putra, Manajer Pemasaran Silvia Oktarice, Manajer Iklan Yunasbi, serta Redaktur Ekonomi Syariah Hamdani Syafri. Dalam kesempatan itu, Harian Haluan juga mempertegas komitmen untuk mendukung dan berkolaborasi dengan BSI, dalam usaha memajukan literasi dan edukasi perbankan syariah.

“Dukungan konkrit Haluan adalah halaman Ekonomi Syariah, yang diluncurkan Gubernur Sumbar pada momen HUT Haluan ke-73, 1 Oktober lalu. Sesuai perkembangan nantinya, intensitas pemberitaan ekonomi dan perbankan syariah akan terus kami tingkatkan, baik lewat produk koran cetak, maupun secara online lewat harianhaluan.id dan media sosial,” ucap Juli Ishaq. (h/yes)

Exit mobile version