Sambut HUT Lantas Ke-68, Ditlantas Polda Sumbar Gelar Lomba PKS

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya

HARIANHALUAN.ID – Menyambut Hari Lalu Lintas (Lantas) ke-68 tahun 2023, Ditlantas Polda Sumbar menggelar Lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di Transmart Padang, Kamis (24/8/2023).

Perlombaan ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat berarti dan memberikan kesempatan bagi siswa-siswa sekolah untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang keamanan dan disiplin.

Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya mengatakan, kegiatan ini diikuti perwakilan sekolah yang ada di 19 kabupaten kota di Sumatra Barat (Sumbar). Ia berharap melalui lomba PKS tingkat Polda Sumbar tahun 2023, peserta PKS yang mengikuti lomba ini dapat menjadi pelopor lalu lintas.

Selain itu, kata Hilman Wijaya, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan disiplin lalu lintas di kalangan pelajar dan diharapkan dapat meminimalkan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Hilman menjelaskan, bahwa PKS merupakan salah satu kegiatan di sekolah yang melatih para siswa untuk melaksanakan pengamanan swakarsa dan menciptakan suatu kegiatan yang positif di lingkungan sekolah.

Ia menyebutkan, PKS dibentuk dan dilatih bertujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial, serta berwawasan pengetahuan yang lebih baik. “PKS juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak sekolah, yakni mewujudkan keamanan, keertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan sekolah,” kata Hilman.

Mantan Kapolres Padang Sidimpuan ini menambahkan, anggota PKS ini juga dapat membantu rekan-rekannya di jalan untuk menyeberangkan saat datang dan pulang dari sekolah, sehingga dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas, serta menjadi mitra dalam mendukung tugas kepolisian.

“Semoga dalam kegiatan ini juga dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang cinta dan patuh terhadap aturan lalu lintas,” tuturnya. (*)

Exit mobile version