Haluan Berbagi Bersama Mitra, Meringankan Beban Ekonomi Mereka yang Terdampak oleh Pandemi

Penyaluran Paket Sembako Haluan Berbagi di Panti Asuhan Al Falah

PADANG, HALUAN — Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Harian Haluan ke-73 pada 1 Oktober 2021 lalu diisi dengan berbagai agenda, yang tetap berpedoman pada penerapan protokol kesehatan (prokes), karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Salah satu di antara program yang diusung adalah Haluan Berbagai Bersama Mitra.

Pemimpin Umum Harian Haluan, Zul Efendi, terkait pelaksanaan program ini mengungkapkan, bahwa tujuan pelaksanaan Haluan Berbagi Bersama Mitra tiada lain adalah untuk turut serta meringankan beban saudara-saudara yang terdampak secara ekonomi selama Pandemi Covid-19 terjadi.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi respons para mitra dan relasi Haluan dalam pelaksanaan program ini. Semoga menjadi amalan bersama yang akan menjaga kita kelak,” ucap Zul Efendi, Senin (1/11).

Sementara itu, Project officer program ini, Silvia Oktarice, menerangkan bahwa Haluan Berbagi sebetulnya telah menjadi agenda rutin setiap kali Harian Haluan merayakan hari jadi pada 1 Oktober. Namun untuk tahun 2021, Harian Haluan menggandeng mitra dan relasi untuk ikut berpartisipasi dalam penyaluran bantuan bagi warga yang membutuhkan.

“Bakti sosial Haluan Berbagi adalah agenda rutin tahunan setiap kali Haluan berulang tahun. Namun tahun ini, sekaligus merespons pandemi Covid-19 yang menyebabkan banyak saudara kita yang perekonomiannya terganggu, maka kami ajak mitra dan relasi untuk ikut berbagi sembako,” kata Silvi, Senin (1/11).

Silvi menerangkan, dalam program ini Harian Haluan berhasil mengumpulkan bantuan berupa paket sembako sebanyak 203 paket, sedangkan dalam bentuk uang tunai yang kemudian dikonversikan ke dalam bentuk sembako, terkumpul senilai Rp11.650.000. Jumlah itu di luar paket sembako yang juga disediakan oleh Haluan sendiri.

“Totalnya sampai sekarang terkumpul 281 paket sembako. Alhamdulillah. Paket sembako ini isinya keperluan dapur harian mulai dari beras, minyak, gula, mie instan, telur, dengan nilai per paket Rp150 ribu,” kata Silvi lagi.

Silvi merincikan, ada pun mitra dan relasi yang berkesempatan ikut dalam program ini antara lain, Bank Nagari yang menyumbang 100 paket, Anggota DPR RI Guspardi Gaus yang menyumbang 20 paket, Kanwil Kemenag Sumbar menyumbang dana tunai senilai Rp1,5 juta.

Selanjutnya, Bank Indonesia Perwakilan Sumbar menyumbang 30 paket sembako, Kepala Bappeda Padang Al Amin menyumbang dana tunai Rp1,5 juta, PT Semen Padang menyumbang dana tunai senilai Rp7,5 juta, Kantor Kemenag Padang menyumbang 33 paket sembako, Ketua DPRD Sumbar Supardi menyumbang dana tunai Rp1 juta, dan pemilik Toko Javafon H. Marwan menyumbang dana Rp150 ribu.

Silvi menambahkan, penyaluran paket sembako sendiri telah dimulai sejak tanggal 1 Oktober yang lalu, dengan sasaran penerima antara lain panti asuhan, pedagang kecil, tukang ojek pengkolan, serta warga dari ragam profesi lain yang terimbas secara ekonomi karena pandemi.

Sejauh ini, kata Silvi, paket yang sudah disalurkan ke masyarakat berjumlah 183 paket, dengan titik penyaluran di Simpang Gia-Parupuk Tabing, Panti Asuhan Al Falah-Parupuk Tabing, Panti Asuhan Amanah-Jalan Teknologi Siteba, warga masyarakat Lolong Karang Sungai Sapih, dan di berbagai tempat lain yang dibagikan secara acak.

Edi, salah satu tukang ojek yang mangkal di Simpang Gia, Jumat (1/10) mengatakan, dirinya sangat bersyukur dan berterima kasih mendapatkan bantuan sembako dari program Haluan Berbagi Bersama Mitra. Sebab selama pandemi, ia terimbas langsung karena pendapatan yang menurun drastis.

Tim Haluan saat menyalurkan paket sambako Haluan Berbagi kepada driver ojek online yang ada di Kota Padang.

Hal senada dirasakan Yuli, warga Kompleks Graha Agung Perdana, yang juga mendapatkan bantuan sembako dari Haluan Berbagi Bersama Mitra. “Alhamdulillah terima kasih kepada Haluan dan para donatur. Semoga rezekinya mengalir terus,” kata Yuli.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Ustadzul, pengurus Panti Asuhan Al-Falah Mentawai, karena anak-anak asuh di panti asuhan tersebut juga mendapatkan bantuan sembako lewat program ini. “Semoga ini menjadi ladang pahala bagi Haluan dan mitra. Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini,” kata Ustadzul, Kamis (28/10).

Hj. Kartini Karim, selaku Ketua Yayasan Panti Asuhan Amanah di Jalan Teknologi Raya No.92 Siteba juga mengatakan, bahwa ia dan anak asuhnya sangat bersyukur menjadi sasaran dalam penyaluran paket sembako tersebut.

“Panti asuhan ini baru berusia dua tahun, sehingga jumlah donaturnya masih sedikit. Kami sangat bersyukur Haluan dalam rangka HUT mengajak mitra dan relasi untuk berbagi. Semoga ada kegiatan yang sama lagi untuk ke depannya, dan semoga para donatur selalu diberi kesehatan dan rezki oleh Allah SWT,” katanya. (h/sil/tim)

Exit mobile version