Nelayan Tenggelam di Laut Sumedang Ditemukan Tewas

Evakuasi nelayan

Sejumlah warga bersama petugas kepolisian terlihat membantu proses evakuasi korban tenggelam di laut Sumedang. Jasad korban dibawa ke rumah duka menggunakan satu unit ambulans. IST

HALUANNEWS, PESSEL – Seorang nelayan yang dilaporkan hilang diperairan laut Sumedang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatra Barat (Sumbar), pada Selasa (12/4/2022) akhirnya ditemukan warga dalam kondisi meninggal dunia.

Kapolsek Ranah Pesisir, Iptu Andi Yanuardi menjelaskan, telah ditemukan orang yang hilang di laut Sumedang, dalam keadaan meninggal dunia pada Rabu (13/4/2022) sekitar pukul 08.30 WIB.

“Identitas orang yang hilang di laut tersebut adalah Son (50), warga Kampung Baru Melang, Nagari Koto VIII Pelangai,” ucap Andi Yanuardi.

Menurut Kapolsek, jasad korban pertama kali ditemukan oleh warga Sumedang atas nama Iman (65), yang saat itu sedang melaksanakan aktivitas menjaring ikan di pinggir pantai. Kemudian ia melihat ada yang mengambang di laut seperti tubuh manusia.

Dengan perasaan curiga bahwa jasad tersebut adalah nelayan yang hilang, kemudian ia bergegas menariknya ke pinggir pantai dan memang benar jasad tersebut adalah Son, nelayan yang dilaporkan hilang sebelumnya.

“Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Kemudian Iman langsung memberitahukan kepada warga sekitar. Selanjutnya, jenazah korban dibawa dengan ambulans ke rumah istrinya di Kampung Baru Melang, Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, untuk disemayamkan,” ujar Kapolsek.

Diketahui, kejadian tersebut berawal ketika pada Selasa (12/4/2022) sekitar pukul 05/15 WIB nelayan panggilan Son berangkat bersama temannya Tone ke laut untuk menjaring ikan dengan perahu miliknya.

Pada saat perahunya melaju ke tengah, teman korban sedang memperbaiki jaring ikan. Ketika merasa jalan perahu sudah tidak lurus lagi, Tone melihat kebelakang dan ternyata Son sudah tidak ada lagi.

Merasa takut, Tone langsung kembali menepi dan menceritakan kejadian tersebut pada warga sekitar bahwa Son telah hilang. Mendengar informasi tersebut, warga segera berkoordinasi dengan BPBD setempat, Polsek Ranah Pesisir, dan pihak kecamatan langsung melakukan pencarian dengan alat seadanya. (*)

Exit mobile version