Polisi Sebut Jaringan NII di Sumbar 1.125 Orang

400 PERSONEL MASIH AKTIF

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan

HALUANNEWS, PADANG — Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengklaim saat ini terdapat 1.125 orang anggota dan simpatisan gerakan Negara Islam Indonesia (NII) di wilayah Sumatra Barat (Sumbar).

“Berdasarkan keterangan ke-16 tersangka teroris yang telah diamankan beberapa waktu lalu di sejumlah daerah Sumbar. Mereka merupakan jaringan NII Cabang Padang, yang bahkan telah memiliki anggota dan simpatisan sebanyak 1.125 orang di Sumbar,” katanya saat konferensi pers yang berlangsung pada Selasa (12/4/2022).

Ramadhan merinci bahwasanya dari 1.125 anggota jaringan NII tersebut, 400 orang di antaranya adalah personel aktif, sementara sisanya merupakan personel non-aktif dan simpatisan yang sudah berbaiat, serta dapat diaktifkan sewaktu-waktu jika diperlukan. 

“Mereka (NII Cabang Padang) terbagi dalam lima ranting yang masing-masing beranggotakan 200 orang. Pernyebarannya 883 orang di wilayah Dharmasraya, dan 292  lainnya berada di Tanah Datar,” ucapnya.

Diketahui, sebanyak 16 orang diduga terlibat jaringan teroris ditangkap Densus 88 Antiteror Polri di wilayah Sumbar pada Jumat 25 Maret 2022. Belasan tersangka teroris ditangkap di dua wilayah berbeda.

Dua belas orang di antaranya ditangkap di Kabupaten Dharmasraya, sisanya ditangkap di Kabupaten Tanah Datar. (*)

Exit mobile version