UPZ Baznas Semen Padang Raih Penghargaan dari Baznas RI sebagai yang Terbaik dalam Pelaporan dan Penyaluran Zakat

Wakil Ketua UPZ Baznas Semen Padang Rinold Thamrin (kanan), menerima penghargaan dari Anggota Komisioner Baznas RI  M. Nadratuzzaman Hosen di Jakarta, Selasa (2/11). IST/HUMASPTSP

PADANG, HALUAN — Dinilai sebagai yang terbaik dalam pelaporan dan penyaluran zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Semen Padang menyabet dua penghargaan sekaligus dari Baznas RI, yang diserahkan Anggota Komisioner Baznas RI M. Nadratuzzaman Hosen dan Achmad Sudrajat dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) UPZ di Jakarta.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengungkapkan bahwa PT Semen Padang mengapresiasi penghargaan yang diraih UPZ Baznas Semen Padang. Ia pun berharap agar prestasi itu menginspirasi UPZ-UPZ lain.

“Kita berharap penghargaan yang diraih UPZ Baznas Semen Padang ini juga memantik perusahaan-perusahaan lain yang belum memiliki UPZ, agar segera membentuk UPZ,” kata Oktoweri, Rabu (4/11).

Sementara itu, Ketua UPZ Baznas Semen Padang, Ampri Satyawan, juga mengaku bangga atas raihan penghargaan dari Baznas RI, yang menandakan bahwa penyaluran dan pelaporan UPZ Baznas Semen Padang telah sesuai dengan harapan dan ketentuan yang diatur oleh Baznas RI.

“Alhamdulillah ini prestasi bagi kita semua. Semua telah berkontribusi, baik karyawan, pengurus, pembina, serta stakeholders lainnya. Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat bagi kita untuk mengelola UPZ Baznas Semen Padang ke depan agar lebih baik lagi,” kata Ampri.

Di samping itu, Wakil Ketua UPZ Baznas Semen Padang, Rinold Thamrin, yang mewakili penerimaan penghargaan itu menambahkan, bahwa keberhasilan UPZ Baznas Semen Padang meraih penghargaan itu dikarenakan penyalurkan zakat selalu memperhatikan ketentuan penyaluran dari Baznas RI, seperti harus tepat sasaran, terarah, terukur, serta aman syar’i, aman regulasi, dan aman NKRI.

“Selain itu dalam pelaporan ke Baznas RI, UPZ Baznas Semen Padang juga tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan Baznas RI, seperti format pelaporannya, dan adanya dokumen-dokumen penerima zakat yang disertai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) penerima zakat, serta foto penerima zakat, dan lain sebagainya,” ucap Rinold, didampingi Kepala Pelaksana Harian UPZ Baznas Semen Padang, Muhammad Arif.

Prestasi yang ditorehkan oleh UPZ Baznas Semen Padang tersebut bukan untuk kali pertama. Sebab, sejak resmi beroperasi pada April 2017, UPZ Baznas Semen Padang juga telah meraih penghargaan Baznas Award dengan predikat UPZ Terbaik secara berturut-turut, sejak 2017, 2018, hingga 2019.

UPZ Baznas Semen Padang sendiri berdiri 21 Desember 2016 melalui SK Ketua Baznas No. 57 tahun 2016, dan mulai beroperasi pada April 2017.  “Penghargaan ini tentu menjadi tolok ukur bagi UPZ Baznas Semen Padang untuk menentukan posisi dalam penyaluran dan pelaporan. Penghargaan ini dapat meningkatkan motivasi kami untuk lebih baik ke depannya,” ujar Muhammad Arif. (h/rel)

Exit mobile version