Sumbangan di Tengah Jalan Mulai Marak di Jalinsum

Minta sumbangan

Salah satu lokasi terlihat warga meminta sumbangan di tengah jalan yang akan membahayakan keselamatan jiwa. MARYADI

HALUANNEWS, DHARMASRAYA – Minta sumbangan di tengah jalan masih marak, meski Gubernur Mahyeldi dan Sekda Sumbar telah mengimbau masyarakat di setiap kesempatan untuk tidak ada lagi penyekatan atau minta sumbangan berbentuk apapun.

Namun sampai H-5 Lebaran terlihat masih ada meminta sumbangan di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum).

Pantauan media ini di lapangan, mulai dari pintu gerbang Provinsi Sumbar dari wilayah selatan, yaitu Kabupaten Dharmasraya sampai masuk pintu gerbang Kota Padang masih saja ada warga masyarakat yang meminta sumbang di jalan. Paling banyak ada di Kabupaten Sijunjung, yakni sekitar enam titik, kemudian di Kabupaten Solok ada dua titik.

Pelarangan itu disampaikan pemerintah provinsi adalah demi keselamatan jiwa warga itu sendiri, apalagi di jalinsum. Pasalnya, hal itu sudah pernah terjadi di Kabupaten Lima Puluh Kota beberapa waktu lalu, bahkan menelan korban jiwa.

Selain itu, dengan adanya penyekatan minta sumbangan akan membuat terhambatnya kelancaran kendaraan yang melintas. Sepertinya imbauan Pemprov Sumbar itu tidak sampai ke bawah, seharusnya pemerintah menyurati ke bawah atau kepada pemkab atau pemko, agar tidak melakukan hal itu di tengah jalan. (*)

Exit mobile version