Tips Mudik Aman ala PLN Sumbar

HALUANNEWS, PADANG – Hari Raya Idul Fitri 1443 H semakin dekat. Masyarakat menyambut datangnya momen indah tersebut dengan suka cita, terlebih dengan terbitnya peraturan pemerintah terkait cuti bersama yang dimulai pada tanggal 29 April hingga 6 Mei 2022 mendatang.

Dapat dipastikan banyak pemudik yang akan kembali ke kampung halaman pada Idul Fitri tahun ini.

Menyikapi hal tersebut, General Manager PLN UIW Sumbar menegaskan kesiapan PLN dalam memastikan listrik tetap andal, sehingga masyarakat dapat beribadah dengan khusyuk dan menikmati momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat.

“Petugas PLN terus siaga 24 jam selama Ramadhan dan Idul Fitri. Selama masa Siaga Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M yang berlangsung pada periode tanggal 25 April 2022 s.d 10 Mei 2022, PLN telah meniadakan semua kegiatan pemeliharaan yang bersifat padam penyulang dan memaksimalkan regu PDKB di seluruh Unit PLN UIW Sumbar,” jelas Toni, Rabu (27/04).

Keputusan cuti bersama oleh pemerintah ini adalah kabar baik juga bagi PLN. ‘’Setelah 2 tahun cuti bersama Idul Fitri ditiadakan, perjalanan ke kampung halaman tahun ini tentu akan sangat dinantikan. PLN siap menjaga kelistrikan untuk lonjakan pemakaian energi listrik selama arus mudik ataupun kendala-kendala yang mungkin terjadi. Kami juga siapkan posko-posko siaga di beberapa unit-unit kerja untuk lokasi singgah pemudik yang sedang dalam perjalanan,’’ lanjut Toni.

Selain menyampaikan perihal kesiapan PLN jelang lebaran, Toni juga menyampaikan beberapa tips agar masyarakat dapat mudik dengan tenang dan listrik di rumah tetap aman.

Adapun tipsnya antara lain, mematikan seluruh perlengkapan elektronik yang tidak digunakan selama rumah ditinggal mudik. Termasuk mencabut colokan listrik yang tidak perlu.

“Kami menyampaikan beberapa tips agar rumah/kediaman pelanaggan yang ditinggal selama mudik terhindar dari resiko korsleting listrik, terbakar, kebocoran instalasi, ataupun risiko lonjakan pemakaian energi listrik yang tidak perlu. Nyalakan juga lampu seperlunya saat meninggalkan rumah,’’ jelas Toni kemudian.

Bagi pelanggan prabayar, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan Nova Sagita menghimbau agar pelanggan melakukan penambahan token listrik pada meteran prabayar sebelum melakukan perjalanan mudik.

Sementara untuk pelanggan pascabayar, Nova menyampaikan agar pelanggan memastikan tagihan listrik telah lunas terlebih dahulu.

‘’Harapannya pelanggan yang mudik ke luar Sumbar ataupun menuju Sumbar dapat menikmati listrik dengan nyaman selama berkumpul dengan keluarga di cuti bersama lebaran. Untuk itu kami menghimbau pelanggan untuk memastikan rekening listrik telah lunas, sehingga terhindar dari pemutusan,’’ ungkap Nova, Rabu (27/04).

Selain itu, Nova pun menghimbau penggunaan PLN Mobile untuk kemudahan layanan kelistrikan selama mudik.

‘’Jangan lupa untuk mengupdate angka meter pada meter pascabayar pelanggan lewat Swacam atau baca meter mandiri yang terdapat di PLN Mobile. Bapak/Ibu juga dapat mendapatkan info dan layanan kelistrikan melalui satu aplikasi ini dimanapun dan kapanpun. Sehingga kondisi kelistrikan tetap bisa terpantau dengan mudah,’’ lanjut Nova.

Toni berharap, layanan dan kemudahan yang diberikan oleh PLN dapat membuat masyarakat dapat menikmati mudik dengan nyaman dan tenang.

‘’Mari bekerjasama untuk listrik yang aman dengan menjaga listrik di dalam rumah tetap aman. Untuk info dan layanan kelistrikan lebih lanjut, jangan ragu untuk menggunakan PLN Mobile,” jelas Toni mengakhiri. (*)

Exit mobile version