Siap-Siap! Besok Diprediksi Puncak Arus Mudik, Waspadai Lokasi Rawan Macet dan Bencana

HALUANNEWS, JAKARTA – Hari ini, Kamis (29/04/22) merupakan terakhir kerja sebelum cuti Lebaran Idul Fitri. Besok, Jumat (29/04/22) sudah mulai cuti bersama.

Oleh sebab itu, besok dan Sabtu (30/04/22) diprediksi terjadi puncak arus mudik. Para pemudik baik kendaraan bermotor mau roda empat diminta hati-hati dan selalu siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan selama perjalanan.  

“Puncak perkiraan arus mudik itu besok tanggal 29 saat dimulainya hari pertama libur nasional,” kata  Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Km 10 Tol Jakarta Cikampek (Japek), Kamis (28/4).

Macet Parah di GT Cikampek Utama, Mobil Merayap hingga 2 Kilometer Meski begitu, hasil pemantauan langsung di lapangan, Sambodo menyebut lonjakan arus kendaraan terutama di ruas tol Japek sudah terjadi sejak Rabu (27/4) malam.

Sambodo belum menyebut angka pasti kenaikan volume kendaraan dalam dua terakhir, menyusul kemacetan parah yang terjadi di Gerbang Tol (GT) Cikampek, Kamis (28/4) hari ini.

Menurut dia, kemacetan yang terjadi di GT Cikampek merupakan kendaraan yang mulai meninggalkan Jakarta sejak Rabu (27/4) malam atau Kamis (28/4) pagi. Namun, dia memastikan kendaraan yang meninggalkan Jakarta cukup siginifikan dalam dua hari terakhir.

“Belum tahu saya masih harus ke posko nanti saya hitung tapi yang jelas signifikan. Tanggal 27 [April] itu naik 20 persen dibandingkan tanggal 26 [April],” katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, lalu lintas di KM 39-70 Tol Jakarta-Cikampek macet parah pada Kamis (28/4) sekitar pukul 10.00 WIB. Kendaraan yang melintas tampak tidak bisa bergerak.

Pantauan kemacetan juga dilaporkan akun Twitter TMC Polda Metro. TMC melaporkan kemacetan mulai terjadi di Km 47-70 Japek.

“09.21 Lalulintas ruas Tol Jakarta arah Cikampek Km 47 ( Karawang Barat ) saat ini padat merayap,” sebagaimana dikutip dari akun @TMCPoldaMetro. (*)

Exit mobile version