RS Jiwa Prof HB Saanin, Siapkan Ruang VIP untuk Caleg Gagal yang Stres

RSJ HB Saanin Padang

PADANG, HARIANHALUAN.ID — Direktur RS. Jiwa Prof. HB Saanin, dr. Aklima, MPH mengatakan pihaknya siap memfasilitasi calon legislatif (caleg) gagal yang berpotensi alami gangguan kejiwaan.

“RSJ Prof. HB Saanin Padang pada prinsipnya siap memfasilitasi caleg yang gagal tahun 2024 dan berpotensi gangguan kejiwaan,” ujarnya kepada Haluan kemarin.

Ia menambahkan beberapa ruangan telah disediakan termasuk ruangan VIP. “Kami memiliki ruangan wisma anggrek untuk pasien VIP dan kelas 1. Ruangan lainnya kelas 2 dan kelas 3 yang dapat digunakan untuk caleg yang stres akibat gagal dalam pemilu 2024,” kata dia.

Lebih lanjut, menurut dr. Aklima berkaca pada Pemilu tahun 2019 tidak ditemukan adanya pasien dengan penyebab khusus karena stres gagal pemilu 2019. Namun pihaknya tetap menyiapkan langkah antisipasi.

Dikatakannya, jumlah pasien yang dirawat di RSJ Prof HB Saanin per tanggal 11 Desember 2023 ini sebanyak 169 orang.  “Diagnosa pasien dirawat yang terbanyak adalah schizofrenia paranoid. Penyebabnya multifaktor yaitu adanya faktor genetika, faktor ekonomi, faktor sosial seperti masalah keluarga, masalah dengan pasangan,” kata dia menutup. (h/yes)

Exit mobile version