HARIANHALUAN. ID – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).
Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan dari monitoring antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 15 persen dibandingkan hari normal dan 19 persen dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.
“Puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 90 persen dibandingkan kondisi hari normal,” ujarnya.
Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 1 persen dan SMS sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa.
Jauh-jauh hari XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024.
“Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru,” katanya.
Seperti yang diprediksi sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru.
*Selengkapnya Baca di Koran Harian Haluan… (h/yes)