UM Sumbar Jadi Tuan Rumah TOT KKN Muhammadiyah-Aisyiyah

PADANG, HARIANHALUAN.ID —Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatra Barat, dipercaya menjadi tuan rumah Training Of Trainer (TOT) Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-‘Aisyiyah (KKN MAS) se Indonesia tahun 2024.

Acara TOT ini diikuti 47 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang berasal dari 30 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA) dari seluruh penjuru Indonesia.

Mereka akan dipersiapkan menjadi dosen pembimbing mahasiswa peserta KKN MAS 2024 yang akan berlangsung selama 40 hari di di kampus Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) Surakarta, Jawa Timur pada bulan Mei mendatang.

Rektor UM Sumbar, Dr. Riki Saputra, MA dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas ditunjuknya kampus UM Sumbar sebagai tuan rumah penyelenggaraan TOT KKN MAS pada tahun ini.

“Menjadi Ahlul Bait atau tuan rumah acara ini, merupakan suatu keberkahan yang sangat kami syukuri. Sebab pertemuan – pertemuan informal dalam acara ini akan menjadi kesempatan berbagi yang luar biasa bagi kami,” ujarnya.

Ia menerangkan kampus UM Sumbar, saat ini telah tersebar di empat kota besar di Sumatra Barat. Kampus 1 terletak di Kota Padang, kampus 2 di Padang Panjang , kampus 3 di Kota Bukittinggi serta kampus 4 di Kota Payakumbuh.

“Keempat kampus ini kemudian di merger oleh pemerintah pada tahun 1985 sehingga menjadi UM Sumbar yang saat ini terus berkembang mengembangkan amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan,” jelasnya.

Senada dengan itu, Ketua KKN MAS Pusat, Prof. dr. Suwarno, M, Si., mengatakan, dirinya telah mengecek kesiapan UMS Solo selaku tuan rumah penyelenggaraan KKN MAS pada tahun ini.

“Alhamdulillah, bapak rektor UMS Solo menyatakan bahwa mereka siap untuk menjadi tuan rumah. Bahkan mereka berencana akan mengirim 500 mahasiswa untuk mengikuti KKN MAS,” ucapnya.

Ia menyebut, penyelenggaran KKN MAS bahkan telah menjadi momen tahunan yang selalu ditunggu-tunggu serta mendapatkan sambutan hangat oleh masyarakat setempat.

“Bahkan saat diselenggarakan di UM Bengkulu, saking senangnya Pemda setempat bahkan pernah menghadiahi UM Bengkulu dengan dua unit mobil,” ucapnya.

Ketua Panitia TOT Sumbar, Fadil Meiseptian menambahkan, KKN MAS 2024 direncanakan akan diikuti oleh 1.500 mahasiswa dari PTMA seluruh Indonesia.

“Khusus dari UM Sumbar, kita akan mengirimkan 10 orang mahasiswa. Sementara pembekalan TOT bagi para Dosen Pembimbing Lapangan atau DPL, akan diselenggarakan selama tiga hari kedepan,” ucapnya.

Ia mengatakan, usai mengikuti seluruh rangkaian TOT, para peserta selanjutnya Juga akan diajak untuk berkunjung ke sejumlah destinasi wisata untuk menyaksikan keindahan alam Sumatra Barat.

“Pada hari Kamis nanti mereka akan mengikuti Field Trip seharian ke Kota Padang, Padang Panjang dan Bukittinggi. Disana mereka akan mengunjungi destinasi wisata dan tempat-tempat bersejarah lainnya,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version