SDN 07 Binuang Kampung Dalam Perkenalkan Permainan Tradisi Minangkabau Lewat Perjusa Budaya

 

HARIANHALUAN.ID – SDN 07 Binuang Kampung Dalam mengadakan kegiatan Perjusa (Perkemahan Jumat Sabtu) Budaya, Jumat (16/2) hingga Sabtu (17/2).

Kepala SDN 07 Binuang Kampung Dalam, Sawir, S.Pd, MM mengatakan kegiatan ini dalam rangka mengembangkan kurikulum merdeka.

“Jajaran guru dituntut memberikan pendapat, ide-ide dan gagasan secara konvergensi terus menerus untuk menghadirkan kegiatan yang kreatif, inovatif dan turut memperkenalkan nilai-nilai kebudayaan,” ujarnya saat ditemui Haluan, Jumat (16/2).

Ia juga menjelaskan kegiatan apasaja yang akan dilakukan selama Perjusa Budaya dua hari ini.

“Jumat pagi diikuti oleh seluruh murid dari kelas 1 sampai kelas 6, dimulai dari memperkenalkan permainan kreatif tradisional anak. Seperti congklak, egrang, tarompa panjang, lompat tali, tarik tambang, balap karung dan lainnya,” ujarnya.

Kemudian setelah dzuhur dilanjutkan basket dan pengenalan reptil kepada para murid.

Selanjutnya acara malam dan kemah hanya diikuti bagi murid kelas 4 sampai kelas 6.

“Setelah magrib ada pengenalan nilai-nilai sejarah budaya minangkabau seperti kisah siti nurbaya, perjuangan pahlawan seperti Diponegoro dan ditutup dengan api unggun,” katanya.

Pagi hari Sabtu, diawali dengan subuh berjemaah, jalan pagi dan membersihkan lingkungan sekolah sampai pukul 12.

Saat ini seluruh siswa SDN 07 Binuang Kampung Dalam Kecamatan Pauh berjumlah 98 orang.

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan Perjusa Budaya yang juga Guru PJOK SD 07 Binuang Kampung Dalam, Firman, SSi menambahkan kegiatan ini tidak hanya untuk memperkenalkan budaya dan sejarah minangkabau sejak dini pada anak-anak, tapi juga meningkatkan kembali eksistensi SDN 07 Binuang Kampung Dalam.

“Dengan kegiatan ini, kita berharap sekolah kita bisa kembali dilirik dan meningkatkan minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah kita,” ujarnya.

Ia berharap dengan kesuksesan kegiatan ini dapat membuka jalan untuk kegiatan lainnya.

“Kegiatan ini pertama kali diadakan, kalau seandainya kita berhasil kita akan jadikan agenda tahunan dan membuka kesempatan untuk mengadakan kegiatan lain,” tuturnya.

Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. Turut hadir Kabid Bidang Kebudayaan Disdik Kota Padang, Samdany, M.Pd, Perwakilan RT/RW, Perwakilan Balai Pelestarian Kebudayaan, Pengawas Dinas Pendidikan Kec. Pauh, Yuslinda S.Pd dan seluruh guru-guru di SDN 07 Binuang Kampung Dalam. (h/yes)

Exit mobile version