Maju Rektor, Aldri Frinaldi Siap Bawa UNP Berkontribusi untuk Bangsa dan Dunia

PADANG, HARIANHALUAN.ID–Aldri Frinaldi bertekad membawa UNP berkontribusi untuk bangsa dan dunia. Hal itu tertuang dalam visinya sebagai Calon Rektor UNP periode 2024-2029 yaitu menjadi universitas unggul yang berkontribusi pada pembangunan bangsa dan peradaban dunia melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang berbasis inovasi

Ia mengatakan, visi tersebut akan diwujudkan bersamaan dengan misi menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas, relevan, dan berorientasi pada masa depan. “Langkah ini akan dimulai dengan mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan tantangan global, serta mendorong kreativitas, kemandirian, dan integritas mahasiswa sebagai agen perubahan,” kata Aldi Frinaldi, Rabu (13/3).

Kemudian, ia akan mewujudkan tata kelola universitas yang baik, transparan, akuntabel, dan berkelanjutan, dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada, menerapkan sistem informasi yang terintegrasi, serta meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi sumber daya manusia. “Melalui hal tersebut, penyelenggaraan kerjasama yang produktif dan bereputasi global dengan berbagai pemangku kepentingan di dalam dan luar negeri diharapkan terlaksana, dengan mengembangkan program-program pertukaran akademik, penelitian bersama, publikasi internasional, serta advokasi dan diplomasi ilmiah,” ujarnya.

Ia berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas yang mengembangkan potensi akademik, profesional, dan kepribadian mahasiswa.  “Ini merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai keunggulan, integritas, kreativitas, dan tanggung jawab sosial pada alumni. Kemudian berorientasi pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya lagi.

Oleh karena itu, katanya, komitmen tersebut akan diperkuat melalui pembangunan kompetensi lulusan sesuai kebutuhan dunia kerja, membekali mahasiswa dengan keterampilan yang relevan untuk masa depan dan berusaha mendorong kreativitas dan kemandirian mahasiswa. Selanjutnya, mentransformasikan hasil riset untuk peningkatan kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pengabdian, pemberdayaan, dan kolaborasi.

“Peningkatan kualitas tersebut akan dilakukan dengan mengembangkan model-model intervensi yang efektif, efisien, dan berkelanjutan, serta membangun jejaring kerjasama yang luas dan sinergi, meningkatkan manfaat riset bagi masyarakat, mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan serta membangun jejaring kerjasama luas untuk peningkatan dampak,” katanya.

Secara umum, katanya, meskipun memiliki peluang besar, namun perlu optimalisasi sumber daya yang berguna untuk menjembatani kesenjangan kapasitas di tingkat internasional. Kolaborasi jangka panjang dan reputasi tetap menjadi kunci. Peluang besar yang ada di sektor ini katanya menuntut optimalisasi sumber daya yang efektif dan efisien untuk dapat bersaing di tingkat internasional. “Hal ini mengharuskan adanya peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia, teknologi, dan infrastruktur. Kolaborasi jangka panjang dengan mitra strategis dan pemangku kepentingan lainnya juga sangat penting untuk membangun reputasi yang baik dan meningkatkan kepercayaan publik,” tuturnya.

Exit mobile version