Kota Solok Dikunjungi Tim Penilai PPD Nasional

KOTA SOLOK, HARIANHALUAN.ID — Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar dan Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, menyambut kedatangan tim penilai Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Nasional di Akmal Room Bappeda Kota Solok, Senin (25/3).

Adapun Tim Penilai dari Bappenas terdiri dari Tim Penilai Independen (TPI), Aryawan Soetiarso Poetro, Maria Hartiningsih, dan juga Tim Penilai Utama, Rizang Wrihatnolo, serta Tim Penilai Teknis, Yudhie Hatmadji Sudjarwo, dan Sekretariat, Zita Setyaningrum.

Berdasarkan surat dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI Tanggal 8 Maret 2024 perihal pemyampaian hasil Penilaian Tahap I tingkat Kabupaten dan Kota PPD 2024, Kota Solok termasuk 10 besar kota yang lolos pada penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahap I tingkat Nasional.

Untuk itu dilakukan penilaian Tahap II oleh tim penilai dari Bappenas melalui wawancara dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) pada Tanggal 25 Maret 2024 dan verifikasi kunjungan lapangan ke lokasi program unggulan, implementasi kebijakan dan inovasi daerah Kota Solok pada Tanggal 26 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh tim penilai dari Bappenas, dan juga berbangga atas kedatangan tim Bappenas dalam fokus Group Discussion (FGD) sekaligus penilaian Tahap II PPD.

“Dengan adanya penghargaan ini tentu akan membuat semangat kami sebagai pemegang roda pemerintahan di daerah menjadi terpacu dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan di daerah, dan sistem perencanaan yang pastinya lebih baik,” ujarnya.

Adapun PPD itu sendiri adalah bentuk apresiasi sekaligus juga sebuah evaluasi komprehensif dan kreatif dalam rangka meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah serta sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas prestasinya dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan

Turut hadir dalam acara ini, Sekda Kota Solok, Syaiful A, Kepala Bappeda Kota Solok, Desmon, Kepala OPD lingkup Pemko Solok, serta undangan lainnya. (*)

Exit mobile version