Peduli Korban Banjir Pessel, Minang Golf Club Salurkan Bantuan Rp52 Juta

Wakil Ketua MGC, Havizal Rahman, Koordinator Perwakilan MGC Sumbar Yondrival, serta anggota MGC Helfiyanrika, saat mnyerahkan bantuan dari MGC kepada korban banjir dan longsor di Kecamatan Tarusan, Pessel, Rabu (27/3). IST

PESSEL, HARIANHALUAN.ID –  Organisasi Minang Golf Club (MGC) yang berbasis di Jakarta, Rabu (27/3), menyalurkan bantuan bagi masyarakat Pesisir Selatan (Pessel) yang terdampak bencana banjir dan longsor di kabupaten tersebut.

Bantuan tersebut diserahkan Wakil Ketua MGC, Havizal Rahman yang didampingi Yondrival, Koordinator Perwakilan MGC Sumatera Barat serta anggota MGC yang juga Pemimpin Bank Nagari Cabang Painan Helfiyanrika kepada masyarakat di dua Kecamatan, yakni Tarusan dan Batang Kapas.

Di Nagari IV Koto Mudiak, Kecamatan Batang Kapas, Pessel, bantuan diterima oleh tokoh masyarakat setempat Sasri, disaksikan Sekretaris Nagari IV Koto Mudiak Yumi Putra, tokoh masyafakat Syafri Zen dan warga setempat.

“Terima kasih MGC. Bantuan ini sangat besar manfaatnya bagi kami,” kata Sasri dan Syafri Zen.

Sedangkan di Kecamatan Tarusan bantuan ini diberikan kepada empat nagari. Yakni di Nagari Batu Ampa diterima oleh Isman, Nagari  Duku Induk diterima oleh Jafri, Nagari Duku Utara Kampung Tanjung diterima oleh Joni, dan Nagari Barung barung Belantai diwakili oleh Alexander.

Wakil Ketua MGC Havizal Rahman, menyebutkan bantuan yang diberikan berupa dana senilai total  Rp52 juta untuk dua lokasi terdampak bencana, Kec.Tarusan dan Kec, Batang Kapas, masing-masing menerima dana tunai Rp26 juta.

“Semoga dengan adanya bantuan tersebut dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang ditimpa bencana alam,” harap Havizal.

Koordinator Perwakilan MGC Sumatera Barat Yondrival menambahkan, melihat kondisi yang termasuk parah di daerah terdampak bencana, pihaknya mengimbau seluruh elemen masyarakat saling bahu-membahu menyalurkan bantuan unuk mereka.”Inilah bencana alam yang temasuk parah yang pernah kami lihat,” katanya.

Terkait hal itu, pihaknya berharap pemerintah membenahi dan membangun infrastruktur  yang rusak dan hancur akibat bencana, serta rumah-rumah penduduk yang hancur dapat dibangunkan kembali oleh pemerintah.

Kehadiran mereka (MGC) di dua kawasan itu disambut hangat pemuka dan masyarakat setempat.

MGC ini adalah wadah perkumpulan perantau Minang yang hobi olahraga golf, termasuk sumando orang Minang dan kerabat di seluruh Indonesia

MGC ini berdiri sejak tahun 2008 atas inisiatif beberapa pengusaha dan tokoh Minang di Jakarta. “Tujuannya, guna membangun silaturahmi dan menggalang partisipasi dalam mendukung pembangunan Sumatera Barat.

Para pengurus MGC, yakni Ketua Pembina: H. Irjenpol (P) Syafrizal Ahiar,  Ketua : H.Zulhefi Sikumbang, Wakil Ketua : H. Havizal Rahman, Sekretaris : H. Idrianis,  Bendahara : H. Athos Yondra, serta Yondrival sebagai Koordinator Perwakilan MGC Sumatera Barat.

Kerugian
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengungkapkan kerugian akibat banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di kawasan itu pada 7 Maret 2024 tak hanya menelan korban jiwa, tapi juga kerugian material diperkirakan mencapai Rp1 triliun.

Kepala Ex officio Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Pesisir Selatan Mawardi Roska menyebutkan, berdasarkan data yang sudah masuk dan dianalisis, jumlah kerugian aset daerah maupun harta benda milik masyarakat diperkirakan mencapai Rp1 triliun.

Kerugian terbesar di antaranya 537 rumah rusak berat, 2.749 rusak sedang, dan 7.048 rusak ringan. Sementara ribuan ternak mati, sapi 666 ekor, deapan ekor kerbau, 357 ekor kambing, 36.527 ekor ayam, dan 19.210 ekor itik.(h/atv)

Exit mobile version