Si Caro Jadi Maskot Pilgub Sumbar 2024, Ini Filosofinya!

Maskot Pilgub Sumbar

Maskot Pilgub Sumbar 2024

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) menetapkan maskot Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar Tahun 2024, Rabu (24/4/2024).

Komisioner KPU Sumbar, Jons Manedi mengatakan, maskot terpilih untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar, yaitu Si Caro, karena merupakan salah satu ikon Sumbar atau Minangkabau.

Dikatakannya, Si Caro yang berarti Cadiak Basuaro. Hal ini diambil dari gambar carano dan orang Minang yang pandai basilek layaknya orang Minang yang cadiak pandai.

“Kita sudah menetapkan maskot Pilgub Sumbar 2024 yaitu Si Caro. Nantinya KPU bakal meluncurkan pada 18 Mei 2024 mendatang,” ujarnya kepada Haluan, Rabu (24/4/2024).

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Hubungan, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Sumbar itu menjelaskan, Si Caro ini merupakan karya dari Zikri, warga Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

“Filosofinya, karena menjelang pemilu seakan kita menjadi pelayan masyarakat dan ini kuncinya berada di janang atau manatiang carano untuk mengimbau orang datang sebagai peserta pemilu dan pemilih di pemilu,” katanya.

Menurutnya, maskot Si Caro tersebut sesuai kriteria yang telah disepakati, yaitu memperlihatkan sudut pandang kepemiluan dan demokrasi, budaya lokal dan identitas Sumbar, non-partisan, menarik, imajinatif, inovatif, ramah, modern dan memotivasi untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilih pada Pilkada Sumbar 2024.

“Kami harap dengan ditetapkan Si Caro, maskot ini dapat membantu untuk jadi bahan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan menarik minat pemilih untuk hadir di Pilkada Sumbar 2024 mendatang,” ucapnya. (*)

Exit mobile version