Indahnya Cahaya Bulan Memerah di Florida Hingga Afrika

HALUANNEWS, FLORIDA – Warganet di penjuru dunia terpesona akan keindahan cahaya bulan memerah pada Minggu (15/05/22) malam. Baik yang menyaksikan langsung atau pun melihat foto yang beredar, mereka pun terkagum.

Cahaya memerah tersebut adalah gerhana bulan yang terjadi saat posisi bumi tepat menutupi bulan dari cahaya matahari langsung.

Gerhana bulan Blood Moon tersebut menyelimuti daerah padat penduduk di Amerika, Antartika, Eropa, Afrika pada Minggu (15/05/22) malam hingga Senin dini hari waktu setempat.

Fenomena gerhana total itu terjadi ketika bulan bergerak ke umbra atau berada di posisi lebih dalam dari bayangan Bumi. Saat cahaya matahari dibiaskan di sekitar tepi atmosfer bumi, rona merah bersinar di permukaan bulan.

Gerhana bulan ini bulan total terjadi, diawali dengan gerhana sebagian pada Minggu pukul 22.28 EDT (Senin (16/5) pukul 09.28 WIB), dan puncak gerhana bulan total pada Senin 00.11 EDT (Senin pukul 11.11 WIB).

Fenomena ini merupakan satu-satunya gerhana bulan yang terjadi pada 2022. Penampakan itu berlangsung sekitar satu setengah jam.

Gerhana bulan Blood Moon adalah gerhana bulan total terpanjang dalam 33 tahun, menurut kolumnis pengamat langit space.com, Joe Rao.

Pemandangan bulan yang kemerahan sangat terlihat pada foto yang diabadikan oleh pembaca Live Science, yang diambil dari Semenanjung Yucatan, Mexico.

Dari Houston, Amerika Serikat, pembaca lain menangkap pemandangan bulan tepat sebelum mulai tertutup bayangan Bumi.

“Pengalamannya luar biasa. Saya menikmati pemandangan bulan terlihat begitu besar di malam hari, dan mulai mengecil. Kemudian bulan mulai tertutup oleh perisai merah/hitam ini, dan perlahan-lahan, seluruh bulan tertutupi dan cahaya bulan tidak terlihat di mana pun.” kata Mahmood, dikutip dari Live Science.

Rona merah dari fenomena blood supermoon diabadikan juga oleh sejumlah warganet di Twitter, di antaranya akun @sgt13echo dan @nesdore87.

“Gerhana Bulan malam ini!” kata dia.

Warganet yang mengaku dirinya berada Venesia, Italia juga mengabadikan fenomena gerhana bulan supermoon.

“Totalitas! #LunarEclipse malam ini, terlihat dari langit Coast Florida, berlawanan dengan bidang bintang yang indah,” kata Johnkrausphotos dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (17/05/22). (*)

Exit mobile version