Manasik Haji Tingkat Kota Padang, Kakanwil Kemenag Sumbar : Jamaah Haji Diharapkan Taat Aturan. 

HARIANHALUAN. ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumbar Mahyuddun mengharapkan Calon Jamaah Haji (CJH) mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah maupun dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. 

Disiplin tersebut dimulai dari tanah air ketika menjadi CJH, di Arab Saudi (Jamaah Calon Haji), ketika sudah menyelesaikan ibadah Haji sampai kembali ke tanah air. 

Hal itu disampaikan di hadapan calon jamaah haji (CJH) asal Kota Padang pada kegiatan manasik di Masjid Nurul Iman, Sabtu (27/4/24). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Padang, Edy Oktafiandi, Yasri (petugas haji) yang juga Kakankemenag Pasaman, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Kasi PHU) Hendri Yazid, Hamdani (petugas haji) yang juga Kepala KUA Kuranji dan sejumlah pejabat dan staf di jajaran Kankemenag Padang. 

Dikemukakan Kakanwil, haji merupakan ibadah  jam’iyyah artinya ibadah bersama , karenanya dibutuhkan sikap kebersamaan diantara jamaah dalam kelompok terbang (kloter), rombongan dan regu

Dikatakannya CJH hendaknya dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan suasana haji seperti makanan yang memang dibuat sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. 

Pemerintah berupaya menyediakan layanan dan pembinaan serta perlindungan yang baik mulai dari asrama haji, dalam perjalanan maupun selama berada di Arab Saudi. Dimana pun kloter jamaah haji akan dapat layanan pembinaan dan perlindungan yang sama dari pemerintah seperti transportasi, akomodasi maupun konsumsi

Kakankemenag dalam laporannya menyampaikan dari Kota Padang CJH berjumlah 1.244 orang dalam 9 kloter. Pimpinan kloter 1 Tan Gusli dan kloter 12 dipimpin Hamdani. (aye) 

Exit mobile version