Pilkada Sumbar, Gerindra Cari Calon yang Sejalan dengan Presiden Terpilih

Prabowo Subianto Presiden terpilih saat berkunjung ke Sumbar beberapa waktu lalu. IST/DOK

Prabowo Subianto Presiden terpilih saat berkunjung ke Sumbar beberapa waktu lalu. IST/DOK

PADANG, HARIANHALUAN.ID– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) memiliki kriteria khusus dalam penjaringan bakal calon kepala daerah untuk menghadapi Pilkada Sumbar 2024. Calon yang mendaftar harus punya komitmen terhadap program diusung presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sekretaris Gerindra Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman mengatakan, pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Sumbar 2024 akan mulai dibuka Selasa (7/5) hingga 18 Mei 2024 mendatang. “Kita membuka pendaftaran ini secara serentak mulai dari DPD hingga seluruh DPC Gerindra yang ada di Sumbar,” ujarnya, Senin (6/5/).

Evi Yandri Rajo Budiman mengatakan, Gerindra tentu akan membuka pintu selebar-lebarnya kepada putra-putri terbaik Sumbar untuk menjadi bagian dari pasangan untuk diusung atau didukung Partai Gerindra Sumbar.

Dikatakannya, untuk pendaftaran ini pihaknya membuka kesempatan kepada seluruh warga Sumbar baik itu kader maupun di luar kader. Pendaftaran ini melewati beberapa proses persyaratan yang telah ditetapkan partai.

“Proses yang bakal dilewati para calon ini mulai dari penjaringan hingga penyaringan. Setelah penyaringan ini kami serahkan calon yang telah direkomendasi ini kepada DPP, karena DPP yang akan memutuskan,” ujarnya.

Pengurus partai berlambang garuda itu menyebut beberapa kandidat berpotensi mendaftar. Untuk calon gubernur dan wakil gubernur harus mendaftar di DPD Gerindra Sumbar, namun untuk walikota dan bupati bisa mendaftar di seluruh DPC Gerindra yang ada di Sumbar, dan bisa juga di DPD Gerindra.

Lebih jauh Evi Yandri Rajo Budiman mengatakan, pada pemilihan kepala daerah tahun ini, pihaknya menargetkan seluruh kabupaten, kota dan gubernur di Sumbar musti dari Gerindra. Sebab, bisa selaras dengan dengan pusat.

“Kami serius merangkul dan mengakomodir untuk menyelaraskan program presiden dan wakil presiden bisa didistribusikan kepada masyarakat,” ucapnya. (*)

berita terkait : Pilkada Sumbar, Gerindra Buka Penjaringan Calon

Exit mobile version